UMC Bentuk Center Robotika Cirebon, Dorong Mahasiswa unggul Di Sektor Teknologi 5.0

UMC Bentuk Center Robotika Cirebon, Dorong Mahasiswa unggul Di Sektor Teknologi 5.0

Prodi D3 Teknik Informatika UMC, mendirikan Center Robotika Cirebon untuk mewadahi pengembangan robotika. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) menegaskan komitmen menjadi kampus unggulan di Wilayah Jawa Barat, terutama di sektor teknologi 5.0.

 

Menggandeng Edu Robotika, UMC membentuk Center Robotika Cirebon Universitas Muhammadiyah Cirebon atau CRC-UMC.

 

Kepala CRC-UMC, yang juga Kaprodi D3 Teknik Informatika UMC, Sokid ST MT mengungkapkan, Center Robotika Cirebon ini, didirikan di UMC sebagai lembaga Merdeka Belajar, dan Kampus Merdekahnya Prodi Teknik Informatika, dimana lembaga tersebut akan menjadi tempat para mahasiswa melakukan praktek langsung dari mata kuliah-mata kuliah yang ada di Prodi Teknik Informatika.

 

BACA JUGA:7 Level Kemandirian Finansial dan Artinya yang Wajib Kamu Ketahui

 

"CRC ini akan menjadi laboratorium, tempat praktik langsung mata kuliah yang ada di prodi D3 Teknik Informatika," ungkap Sokid.

 

Dengan hadirnya CRC, kata Sokid, para mahasiswa, khususnya Prodi Teknik Informatika, didorong untuk bisa membuat project Robotika, dan hasilnya, dapat di konversi menjadi nilai beberapa mata kuliah di Prodi D3 Teknik infomatika.

 

"Para mahasiswa Prodi D3 Teknik Informatika UMC, ketika lulus nanti, salah satunya dapat membuat project robot dan project-project lainnya yang berkaitan dengan rekayasa robotika, AI dan IoT," kata Sokid.

 

BACA JUGA:5 Alasan Penting Membicarakan Ekspektasi Finansial dengan Pasangan Sebelum Menikah

 

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UMC, Nuri Kartini menjelaskan, tak hanya untuk mahasiswa di Prodi Teknik Informatika, CRC-UMC ini siap menjadi wadah penyaluran minat dan bakat bagi para pelajar dan mahasiswa, serta komunitas robotika dalam pengembangan robotika di Cirebon.

 

"Kedepan, CRC-UMC ini akan berkembang dengan riset dan development terkait pemanfaatan Artifical Intelegensi (AI), sebagai wujud nyata implementasi catur dharma pendidikan kampus UMC," jelas Nuri.

 

CRC-UMC, kata Nuri, juga akan menjadi inkubator kreasi robotika di Cirebon, dimana anak-anak muda, pelajar dan mahasiswa yang inovatif, dan memiliki minat mempelajari robotika bisa bergabung.

 

BACA JUGA:4 Cara Cerdas Mengatur Keuangan di Usia Kepala Dua

 

Dengan demikian, diharapkan Nuri, CRC-UMC ini bisa benar-benar menjadi inisiator penyaluran kreatifitas anak muda Cirebon dalam hal teknologi robotika.

 

"Yang minat robotika, dapat bergabung pada agenda pelatihan yang rutin diselenggarakan oleh CRC-UMC," imbuh Nuri.

 

Rektor UMC, Arip Nurudin memastikan, kampus siap memfasilitasi pengembangan dari CRC-UMC.

 

Bahkan, kedepan UMC ini bakal mengelar semacam kompetisi robotika Cirebon, dan UMC siap menjadi tuan rumah.

 

BACA JUGA:Mengenal Diet Mediterania yang Dapat Memperpanjang Usia

 

"Kami siap melaksanakannya rutin sebagai kalender tahunan memperebutkan piala Rektor UMC, mari ramaikan dan tunjukan ekspresi inovasi teknologi, UMC siap membersamai," kata Arip.

 

Ditempat yang sama, Direktur Robotika, Ahmad Fauzi mengapresiasi UMC yang menangkap peluang dengan membangun Center Robotika di Cirebon, dimana di Cirebon ini, disebutkan Ahmad, belum ada lembaga yang konsen dalam pembinaan dan pengembangan Robotika, sehingga CRC-UMC ini menjadi lembaga pertama, yang berkolaborasi dengan pihaknya.

 

"Kami berharap Center Robotika Cirebon ini menjadi wadah yang bermanfaat untuk memfasilitasi ide kreatif anak muda di wilayah Cirebon terkait pengembangan Robotika," harap Ahmad. (sep)

Sumber: