Jadi Pendaftar Ketiga, Luthfi-Dia Daftar ke KPU, Pendaftaran Diwarnai Skorsing Dua Kali

Jadi Pendaftar Ketiga, Luthfi-Dia Daftar ke KPU, Pendaftaran Diwarnai Skorsing Dua Kali

DAFTAR KE KPU. Pasangan Luthfi-Dia Ramayana disambut dengan tari-tarian di halaman kantor KPU. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati ketiga yang mendaftar ke KPU adalah HM Luthfi MSi dan Dia Ramayana. Rombongan diterima KPU kisaran pukul 18.00 WIB.

Sayangnya, tidak bisa langsung diproses. Karena terpotong dengan waktu magrib. Akhirnya KPU pun melakukan skorsing 2x30 menit. Saat KPU kembali membuka, ternyata prosesi pendaftaran tidak bisa dimulai, bakal calon bupatinya, HM Luthfi MSi tidak berada ditempat.

Usut punya usut, Luthfi keluar menjemput Sekretaris DPC PKB, Waswin Janata yang tidak ikut mengantar pendaftaran. Padahal, posisinya cukup menentukan.

"Kita skorsing dua kali 15 menit, mulai lagi jam 8.00," ujar Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Karnia Puspawati.

Informasinya, Waswin Janata diketahui sedang berada di rumahnya karena ada kesibukan lain. Kehadiran Waswin dianggap krusial dalam proses pendaftaran ini, sehingga Luthfi memutuskan untuk menjemputnya sendiri.

Langkah Kang Luthfi--sapaan untuknya yang tiba-tiba meninggalkan KPU menimbulkan berbagai pertanyaan di kalangan pendukung dan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan proses pendaftaran.

Beberapa pihak menduga adanya ketegangan dalam hubungan internal antara calon Bupati dan para petinggi partai pengusung.

"Kami berharap tidak ada masalah serius di balik ini, tapi situasi yang terjadi tentu menimbulkan tanda tanya besar," ujar salah satu warga yang turut hadir di lokasi pendaftaran.

Ketua DPD Golkar Kabupaten Cirebon, Teguh Rusiana Merdeka saat dikonfirmasi tidak menjelaskan secara detail terkait persoalan yang terjadi.

"Kalau pun pilihan terpahit, PKB tidak bisa mengusung, Golkar dipastikan tetap mendaftar. Artinya kan hanya Golkar," kata Ketua DPD Golkar Kab. Cirebon, Teguh Rusiana Merdeka.

Pihak KPU Kabupaten Cirebon saat dilakukan skorsing belum memberikan keterangan resmi terkait insiden ini. Hingga berita ini diturunkan, proses pendaftaran masih menunggu kehadiran Lutfhi dan Waswin, di tengah sorotan publik. (zen)

Sumber: