KPU Serahkan Hasil Tes Kesehatan Bacalon Pilkada Cirebon 2024 ke Masing-Masing Paslon

KPU Serahkan Hasil Tes Kesehatan Bacalon Pilkada Cirebon 2024 ke Masing-Masing Paslon

Esya Karnia Puspawati, Ketua KPU Kabupaten Cirebon. FOTO : DOC/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon telah menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada keempat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (Bacabup-Bacawabup) yang mengikuti Pilkada serentak 2024. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan pada Sabtu, 31 Agustus 2024, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Kurnia Puspawati, penyerahan hasil tes kesehatan tersebut dilakukan mulai 2 September 2024. Esya menegaskan bahwa hasil pemeriksaan tersebut bersifat rahasia dan disampaikan melalui liaison officer (LO) dari masing-masing pasangan calon.

“Hasil pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu syarat penting dalam tahapan Pilkada. Namun, KPU tidak memiliki kewenangan untuk mengungkap apakah hasil tes menyatakan calon mampu atau tidak. Silakan konfirmasi langsung kepada LO pasangan calon,” jelas Esya, Kamis, 5 September 2024.

Pemeriksaan kesehatan merupakan tahapan krusial yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024. Sebelumnya, pendaftaran pasangan calon telah dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2024. Selanjutnya, KPU melakukan verifikasi administrasi terhadap dokumen yang telah diunggah ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Esya menjelaskan bahwa dokumen yang belum memenuhi syarat akan diberikan kesempatan untuk diperbaiki pada periode 6-8 September 2024. "Pada masa perbaikan ini, LO bisa mengunggah dokumen yang belum lengkap, dan kami akan melakukan verifikasi ulang," tambahnya.

Hasil verifikasi ini nantinya akan menentukan apakah pasangan calon dinyatakan memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS). Berdasarkan informasi yang diperoleh, semua pasangan calon yang menjalani tes kesehatan dinyatakan mampu. Itu berarti seluruh pasangan calon tetap berhak melanjutkan tahapan Pilkada tanpa ada yang tereliminasi pada tahap ini.

Anehnya, LO pasangan Imron-Agus Kurniawan Budiman, Bejo Kasiyono menyebutkan bahwa hingga saat ini pihaknya belum menerima hasil pemeriksaan kesehatan pasangannya. “Kami belum menerima hasilnya. Sampai sekarang masih menunggu dari KPU,” pungkasnya. (zen)

Sumber: