Perdana di Cirebon, UMC Gelar Lomba Robotika Tingkat Nasional

Perdana di Cirebon, UMC Gelar Lomba Robotika Tingkat Nasional

Para siswa madrasah di semua tingkatan se-Indonesia mengikuti Cirebon Robotika Competition (CRC). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Bekerjasama dengan Edu Robotika dan juga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) menyelenggarakan Cirebon Robotika Competition (CRC).

 

CRC sendiri merupakan lomba robotika pertama di Cirebon, dimana CRC merupakan lomba inovasi project robotika tingkat Nasional, dan diikuti oleh lebih dari 100 peserta, mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsanawiyyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA) sederajat.

 

Wakil Rektor I Bidang Akademik UMC, Nana Trisolvena MT mengungkapkan, CRC ini menjadi kompetisi robotika di Cirebon.

 

BACA JUGA:Koni Kabupaten Cirebon Pelajari Program Unggulan dari Koni Kabupaten Ciamis

 

Selain lomba yang bersifat kompetisi, lanjut Nana, CRC, kata Nana, kegiatan ini juga siap mewadahi ruang inovasi para siswa yang menekuni bidang robotika.

 

Semua peserta yang mengikuti CRS, kata dia, akan diberikan Gold Tiket Beasiswa Prestasi masuk di D3 Teknik Informatika, dan Sertifikat lomba ini nantinya akan diakui sebagai nilai matakuliah, sebagai Rekognisi Pembelajaran Lampau pada matakuliah Robotika.

 

"Kami serius mewadahi minat bakat adik-adik kita ditingkat MI, MTs dan MA. Kami beberapa bulan kemarin kami membuat lembaga Center Robotika di UMC, dan hari ini kami menjadi tuan rumah lomba Robotika Nasional. Kami siap melaksanannya setiap tahun untuk mewadahi inovasi para pemuda dan pelajar," kata Nana.

 

BACA JUGA:Ribuan Warga Pesisir di Pinggiran Kota Cirebon Ikuti Tradisi Sedekah Laut

 

Sementara itu, Direktur Edu Robotika, Ahmad Fauzi menjelaskan, selain merupakan sebuah kompetisi, CRC menjadi rangkaian dari program pembinaan dan pendidikan inovasi siswa madrasah yang terprogramkan oleh Edu Robotika, yang bekerjasama dengan Kantor Kemenag Kabupaten Cirebon.

 

"Kami berharap kegiatan ini menjadi rutin dilaksanakan, sehingga inovasi project robotika dikalangan pelajar dapat terwadahi dan terus terasah daya pikir untuk berinovasinya," ungkap Ahmad Fauzi.

 

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cirebon, Saepudin Zajuli mengungkapkan, CRC ini menjadi ruang yang cocok untuk mengembangkan minat dan bakat siswa madrasah di semua tingkatan.

 

BACA JUGA:Ketua Komisi III DPRD Dorong Disbudpar Kembangkan Pariwisata di Kota Cirebon

 

"kami sangat senang dan gembira, siswa kami terfasilitasi lomba kompetisi Robotika tingkat Nasional ini, terlebih ada beasiswa yang disediakan. Semoga ini adalah bentuk kerjasama yang baik untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara," kata Saepudin Jazuli.

 

Untuk diketahui, UMC memberikan apresiasi kepada 42 Siswa MA Sederajat, dari total 118 jumlah peserta keseluruhan, setiap Kategori jenjang pendidikan yang berasal dari berbagai Kota se-Indonesia berupa Beasiswa Prestasi Masuk D3 Teknik Informatika dan Program RPL khususnya MK terkait Robotika. (sep)

Sumber: