Yamaha_detail

Majalengka Terbaik Penyaluran Dana Desa Tahun 2022

Majalengka Terbaik Penyaluran Dana Desa Tahun 2022

RAKYATCIREBON.ID - Pemerintah pusat melalui Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dan Kanwil Ditjen PBN Jawa Barat KPPN Kuningan, memberikan apresiasi atas kinerja Pengelolaan  dan Penyaluran Dana Desa Tahun 2022 secara tepat waktu.

Bahkan Kabupaten Majalengka dinilai sebagai Kabupaten terbaik dalam penyaluran dan pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2022, sehingga berhak mendapatkan penghargaan bergengsi dari Kemenkeu.

Dua penghargaan yang diterima Pemkab Majalengka tersebut yakni kategori Kabupaten Terbaik Kedua Kinerja Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 dan Penyaluran Dana Desa Pertama dan Tercepat Tahun 2022.

Penghargaan diserahkan oleh Kanwil Ditjen PBN Jawa Barat KPPN Kuningan  kepada Bupati Majalengka di gedung Yudha Karya Pemkab Majalengka kemarin, didampingi wakil bupati, sekda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), para kepala OPD, dan camat.

Dalam sambutannya, Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi MMPd mengatakan, DD Tahun 2022 untuk Kabupaten Majalengka saat ini sebesar Rp389.573.880.000, anggaran tersebut sudah tersalurkan ke 330 rekening desa. Tahap I disalurkan Rp.259.964.929.400, kemudian tahap II telah disalurkan ke 5 rekening desa Rp.1.432.971.600, dan sisanya disalurkan secara maraton.   

“Pemkab Majalengka akan terus mempertahankan kinerja ini, apalagi sekarang didukung dengan Sistem Keuangan Desa berbasis online. Jadi kita lebih efektif dan efisien dalam penyaluran Dana Desa,” jelas bupati.

Penghargaan tersebut diperoleh atas transparansi pengelolaan data dana desa tepat waktu tahun 2021. Hal ini juga karena dalam pelaporan penyaluran dana desa ke KPPN selalu akurat dan tepat waktu.

“Kita memperoleh penghargaan ini tentang tepatnya penyaluran Dana Desa, dan sudah tiga tahun ini kita dianggap tepat dalam penyaluran dana desa setiap triwulannya bahkan hingga pelaporan SPJ nya,” ujarnya.

Bupati mengungkapkan penghargaan tersebut bukan hanya untuk Pemkab Majalengka, melainkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Majalengka. “Saya meminta kepada seluruh  Camat dan khususnya para kepala desa, agar dalam penyerapan Dana Desa tersebut sesuai dengan peruntukan serta tepat sasaran,” harap bupati. (pai)

Sumber: