Shin Tae-yong: Ada Kelemahan Thailand, Bisa Indonesia Manfaatkan

Shin Tae-yong: Ada Kelemahan Thailand, Bisa Indonesia Manfaatkan

RAKYATCIREBON.ID - Timnas Indonesia dan Thailand akan bertemu di Leg I Final Piala AFF 2020, Rabu 29 Desember 2021 pukul 19.30 WIB.  Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong melihat ada kelemahan Thailand yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengaku sudah mempelajari permainan Thailand saat menghadapi Vietnam pada leg I partai semifinal. 

\"Thailand kurang bagus dalam penguasaan bola. Saat melawan Vietnam di leg I semifinal, Vietnam saat itu  tampil lebih baik. Ada kelamahan Thailand, bisa kita manfaatkan,\" ujar Shin Tae-yong mengutip dari media Korea Selatan, JoongAng.

Thailand memang belum terkalahkan Piala AFF 2020. Dalam enam pertandingan, skuad asuhan Alexandre Polking ini menang lima kali dan satu kali imbang.

Menurut Shin Tae-yong, dalam perjalanannya melawan Singapura dan Vietnam, Thailand lebih banyak menunggu. Alexandre Polking meminta Chanathip Songkrasin dan kawan-kawan untuk memanfaatkan serangan balik.

Di sisi lain, Timnas Indonesia dianggap cukup baik dalam melakukan serangan balik. Pemain-pemain cepat seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Irfan Jaya merupakan andalan Timnas Indonesia untuk melakukan serangan balik.

Menurut Shin Tae-yong, Timnas Indonesia masih lebih baik dalam penguasaan bola. Terlihat dalam sejumlah laga, permainan dari kaki ke kaki masih dijalankan Rachmat Irianto dan kawan-kawan.

Sepanjang turnamen ini diadakan sejak tahun 1996, Timnas Indonesia tak pernah keluar sebagai juara. Prestasi terbaik Timnas Indonesia sejauh ini hanyalah menjadi runner-up. Sebut saja pada 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016. Ironisnya, tiga dari lima kekalahan yang dialami Timnas Indonesia diterima dari Thailand. (ing)

Sumber: