Mahasiswa FH Unwir Kuliah di Gedung Parlemen

Mahasiswa FH Unwir Kuliah di Gedung Parlemen

INDRAMAYU - ‎Aktivitas perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Hukum (FH) Universitas Wiralodra (Unwir) berjalan tidak seperti biasanya, Selasa (23/5). 
\"mahasiswa
Mahasiswa FH Unwir kuliah di DPRD. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Bertempat di ruang sidang utama DPRD Indramayu dengan pematerinya seorang politisi dari unsur parlemen.

Agenda perkuliahan yang merupakan studi lapangan itu memberikan pengetahuan baru tentang parlemen, khususnya di Kabupaten Indramayu. Termasuk proses dibuatnya kebijakan yang menjadi sebuah regulasi.

Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD Indramayu, Dalam SH Kn yang menjadi pematerinya menyampaikan pentingnya pendidikan politik dan demokrasi bagi para generasi bangsa.

Sehingga tidak hanya tahu partai politik maupun agenda-agenda politik saja, tapi mampu memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang demokrasi.

Bahkan, jumlah anggota DPRD yang berbeda-beda di setiap daerah dan hal lainnya harus diketahui dasar hukum dan ketentuannya, salah satunya Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). ‎

Kemudian kedudukan, fungsi, tugas, dan wewenang parlemen. \"Proses demokrasi harus dipahami, mulai dari syarat dan ketentuan partai, seseorang yang menjadi calon legislator, sampai proses pembuatan suatu regulasi. Juga koordinasi antara legislatif dengan eksekutif,\" jelas politisi dari Fraksi PKB ini.

Sementara Dosen Pembimbing FH Unwir, Murtiningsih Kartini SH MH mengatakan, ‎studi lapangan itu diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi semester 2 dan 4. Dengan kegiatan itu diharapkannya dapat memberikan pengetahuan baru dibidang hukum negara maupun perundang-undangan. (tar)

Sumber: