Kemenaker dan Antar Adakan Pelatihan Kewirausahaan

Kemenaker dan Antar Adakan Pelatihan Kewirausahaan

KERTAJATI - Balai besar peningkatan produktivitas kerja Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI), bekerjasama dengan Yayasan Anak Tanah Nusantara (Antara), mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi 50 warga Desa Pakubeureum, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, di Aula Desa Pakubeureum. 
\"warga
Peserta pelatihan kewirausahaan. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon 
Ketua Yayasan Antara, Fitra Irfan mengatakan, pelatihan yang diadakan sejak Rabu hingga Sabtu (29/3-1/4) ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat guna menghadapi persaingan global,  dampak dari setelah hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati. 

Menurutnya, peningkatan taraf hidup masyarakat akan meningkat apabila momentum hadirnya BIJB dapat dimanfaatkan dengan baik. 

Dia berharap, peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik, hingga kedepan bisa menjadi pengusaha yang mampu menghadapi tantangan global. Dia pun berjanji, akan memberikan pendampingan setelah kegiatan ini berlangsung, sampai mereka bisa mandiri dan memiliki usaha sendiri.

\"Masyarakat kita siapkan untuk menghadapi persaingan global. Apalagi sekarang memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang diberlakukan sejak tahun 2016 lalu. Kami akan terus membina dan memantau perkembangan masyarakat paska kegiatan, walaupun tidak tidak intens hadir ditengah-tengah masyarakat,\" ujarnya.  

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kabupaten Majalengka, Drs Ahmad Susawanto MPd mengapresiasi, kegiatan yang dipelopori oleh Yayasan Antara di kawasan Kertajati, Majalengka. 

Menurutnya, Yayasan Antara telah membuktikan kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak langsung oleh BIJB.

Dia mengungkapkan, saat ini sudah banyak tenaga kerja diluar daerah Majalengka yang menetap dan bekerja di Majalengka. Itu membuktikan bahwa Kota Angin saat ini memliki daya tarik tinggi untuk para pencari tenaga kerja. Dia juga berharap, kegiatan kewirausahaan yang diadakan bukan hanya di daerah Kertajati, namun di berbagai wilayah Majalengka lainnya.  

\"Banyak lowongan kerja di pabrik, kalau nanti yang berminat bisa berkonsultasi dengan Dinas kami. Semoga bisa di ikuti samoai selesai oleh warga Pakubeureum, sehingga Ilmu yang didapat dari pelatihan bisa berkembang dan bermanfaat,\" katanya.  

Ditempat yang sama, Kepala Desa Pakubeureum, Edi Kadiawan mengucapkan, terima kasih karena ada pihak yang memperhatikan warganya. Dia berjanji akan mengarahkan warganya supaya bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini. 

\"Kami juga berharap kedepan ada para pengusaha sukses yang mau memberikan modal usaha bagi para calon pengusaha ini, agar ada kesinambungan antara teori dan praktek,\" pungkasnya.(hsn)

Sumber: