Sempat Berhenti, Kini Bisa Pinjamkan Dana Hingga Rp1 Juta

Sempat Berhenti, Kini Bisa Pinjamkan Dana Hingga Rp1 Juta

KESAMBI - Koperasi Warga (Kowaga) Mitra Sejahtera milik RW 7 Tanah Baru Kelurahan Drajat Kecamatan Kesambi Kota Cirebon menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di halaman Taman Perintis milik RW setempat, Minggu (26/3).
\"koperasi
Kompak usai RAT Kowaga. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Kepada wartawan koran ini, Ketua RW 7 Tanah Baru, Adjid Adi Sukarta mengatakan, rapat anggota kemarin adalah RAT yang kedua pasca koperasi milik warga di RW-nya berjalan sejak 2015.

\"Maret 2015, kami bentuk kembali koperasi. Jadi, ini RAT yang kedua. Sebetulnya dulu itu ada, cuma tidak berjalan. Dan 2015 kami operasionalkan kembali,\" ungkap Adjid saat diwawancarai rakcer usai RAT.

Mengenai sejarah Kowaga di RW nya, Adjid menuturkan, pada 2015 pihaknya sengaja menyisihkan dana Bantuan Walikota yang turun setiap tahun untuk membentuk sebuah koperasi. Dan akhirnya, dengan alokasi anggaran sebesar Rp7 juta pihaknya bisa membangun dan mengembangkan koperasi yang kini memiliki 60 anggota tersebut.

Pada kepengurusan awal, kata dia, Kowaga RW 7 Tanah Baru dipimpin Indrawati yang merupakan hasil dari RAT perdana. Kemudian pada RAT yang kedua ini, pengurus koperasi pun ada di bawah kepemimpinan Moh Jojo Jauhari SE.

Ketua Kowaga Mitra Sejahtera terpilih, Moh Jojo Jauhari SE menyebutkan, keberadaan koperasi ini direspon positif warga. Bahkan, dalam waktu singkat, dua tahun berdiri koperasi bisa memberikan pinjaman kepada anggotanya hingga mencapai angka satu juta rupiah.

Mengenai produk yang dimilikinya sebagai lahan untuk menggulirkan modal, Jojo mengaku, saat ini yang dijalankan baru hanya simpan pinjam warga untuk modal mendirikan UMKM. Karena pada tahun-tahun awal ini Kowaga Mitra Sejahtera memang fokus kepada pengembangan UMKM di warga RW 7 Tanah Baru.

\"Saat ini baru simpan pinjam. Kedepan tidak menutup kemungkinan akan buka toko, dan beberapa produk lainnya,\" jelas Jojo. 

Setelah terpilih kemarin, Jojo mengungkapkan, dirinya sudah memiliki beberapa konsep yang menjadi target Kowaga Mitra Sejahtera tahun ini. Diantaranya, akan menggelar bazar murah menjelang Ramadan mendatang.

\"Setahun kedepan, saya sudah punya bayangan kita akan membuka bazar murah Ramadan. Selain itu, juga sudah direncanakan kita akan buka toko koperasi,\" katanya.

Menurutnya, Kowaga Mitra Sejahtera juga menyediakan puluhan door prize untuk para anggotanya. “Ini adalah sebagai tanda terima kasih dari para pengurus terhadap anggota yang sudah bersinergi dan bermitra dengan baik,” imbuhnya. (sep)

Sumber: