Tiga Anggota DPRD Tinggalkan Fraksi PDI Perjuangan

Tiga Anggota DPRD Tinggalkan Fraksi PDI Perjuangan

INDRAMAYU - ‎Tiga anggota DPRD Indramayu yang semula ada dalam komposisi Fraksi PDI Perjuangan, memutuskan diri loncat ke fraksi lain. Dan Fraksi Demokrat-Hanura terpaksa berpisah di pertengahan periodesasi legislatif.
\"politisi
Politisi Demokrat dan Hanura. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Perubahan komposisi fraksi DPRD itu sudah dituangkan dalam surat masuk yang masih dalam proses pembahasannya. ‎Fraksi PDI Perjuangan yang sebagian anggotanya dari Nasdem mengalami perubahan komposisi. Tiga anggota dari Nasdem dikabarkan akan bergabung dengan Demokrat yang sama-sama memiliki 3 kursi. Sedangkan Hanura dengan 2 kursi memilih masuk dalam komposisi di Fraksi Gerindra.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan, H Sirojudin SP mengatakan, berpindahnya 2 kursi Nasdem yang memutuskan bergabung dengan Hanura tidak menjadi persoalan bagi fraksinya. Terlebih sejak awal fraksinya adalah Fraksi PDI Perjuangan, tidak ada tambahan nama partai politik lainnya.‎ 

\"Nasdem keluar dari Fraksi PDI Perjuangan itu sah-sah saja. Ikatan awal kan Nasdem menggabungkan diri, jadi tidak berpengaruh terhadap nama fraksi. Tapi untuk AKD pasti berubah,\" jelasnya, Senin (13/3).

Disinggung ada ketidakharmonisan di internal fraksi, Sirojudin tidak menampik, namun kemungkinannya Nasdem sudah matang memisahkan diri dengan Fraksi PDI Perjuangan. \"Keuntungannya mungkin secara politis. ‎Dan yang pasti di internal fraksi yang berubah hanya berkurangnya jumlah 3 kursi, tapi kursi PDI Perjuangan tetap,\" ungkapnya.

Perubahan komposisi Fraksi di DPRD Indramayu yang disampaikan pada sidang paripurna LKPJ Bupati Indramayu Tahun 2016, menurut Ketua DPRD Indramayu, Taufik Hidayat, karena adanya surat masuk dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-Perjuangan perihal pemberitahuan komposisi fraksi, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra perihal pengabungan Fraksi, dan Partai Hanura dan Nasdem dengan perihal pembentukan Fraksi.

Dalam surat yang dilayangkan ke DPRD Indramayu, DPC  PDI-Perjuangan, dengan nomor 019/ X/DPC-09/III/2017, Indramayu resmi menyatakan bahwa anggota Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Kabupaten Indramayu sebanyak 7 orang. 

DPC Gerindra Indramayu dengan nomor 3212-03.07/V/CPC-Gerindra/2017 perihal pengabungan fraksi, menyatakan menerima usulan untuk bergabungnya anggota legislatif dari Partai Demokrat ke Fraksi Gerindra. DPC Hanura dan DPD Partai Nasdem dengan nomor 001-K/FHN/II/2017 perihal pembentukan Fraksi, bertuliskan Partai Hanura dan Partai Nasdem menyepakati untuk bergabung kedalam satu Fraksi yaitu dengan mana Fraksi Partai Hanura-Nasdem.

Ketua terpilih, Fraksi Gerindra Indramayu Ali Akbar menuturkan, bergabungnya Partai Demokrat ke Fraksi Gerindra tidak menjadi permasalahan, mengingat tidak adanya permasalahan. Justru, diharapkan dengan bertambahnya komposisi tersebut akan membuat semakin lebih solid dan baik, sesuai dengan fungsi Fraksi serta Anggota DPRD. “Tidak ada masalah, ok saja,” tegasnya.

Sedangkan Anggota DPRD dari Partai Demokrat, Sandi Jaya Pasha menuturkan, bergabungnya Partai Demokrat ke Fraksi Gerindra tidak lain adalah sebuah perubahan dalam dunia konstalasi politik politik, dengan harapan akan semakin baik.

Ketua DPD Partai Nasdem Eryani Sulam menuturkan, pihaknya mengucapkan selamat atas terbentuknya Fraksi Hanura-Nasdem, serta berterima kasih kepada PDI-Perjuangan yang sudah menemani hampir setengah perjalanan DPRD Indramayu. “Meskipun kecil, saat ini Nasdem sudah mempunyai rumah sendiri,” ucapnya.

Lanjut Anggota DPRD Privinsi Jabar itu, dengan berdirinya Fraksi Hanura-Nasdem, pihaknya berharap agar Anggota DPRD dari Partai Nasdem bisa berbuat lebih baik lagi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indramayu.

Fokus Dukung Pemerintah Anna-Supendi

Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat-Hanura, Sandi Jaya Pasa melihat sudah ada komunikasi antara Hanura dengan Nasdem. Sehingga keduanya memutuskan bergabung, dan Demokrat memilih Fraksi Gerindra untuk berlabuh. 

\"Antara Demokrat dengan Hanura tidak ada masalah. Tapi ada kemungkinan karena di provinsi Hanura dan Nasdem satu fraksi juga,\" kata dia didampingi anggotanya, H Nico Antonio.bergabungnya Demokrat ke Fraksi Gerindra, menurutnya pilihan tepat untuk melanjutkan fungsi di lingkup legislatif. 

Bahkan, dengan kesamaan sebagai partai pengusung pemerintahan daerah Anna Supendi (Andi) saat ini, kebersamaanya akan menjadi bagian untuk mengawal pemerintahan agar lebih baik lagi. \"Kita (Demokrat, red) bersama Gerindra akan lebih fokus lagi,\" ujarnya.

Sedangkan anggota legislatif dari Partai Hanura, H Ahmad Fathoni menyampaikan, bergabungnya Hanura dengan Nasdem diyakini sebagai keputusan terbaik meski ada unsur politis di dalamnya. Namun sebagai anggota tetap harus fatsun kepada pimpinan partai. 

\"Ini murni kepentingan di legislatif. Dengan Demokrat secara pribadi maupun politis fine-fine saja. Ini lebih pada adanya kebijakan dari pimpinan masing-masing partai. Untuk gabungan Hanura dengan Nasdem juga terjadi di tingkat pusat dan provinsi,\" ungkap politisi yang menjabat Sekertaris DPC Hanura Kabupaten Indramayu ini.

Sementara tiga politisi Nasdem yang manggung di DPRD Indramayu belum memberikan keterangan resminya. Baik terkait berpindahnya dari Fraksi PDI Perjuangan, maupun bergabungnya dengan Hanura.  (tar/yan/mgg)

Sumber: