Andru Banjir Aspirasi di Surapandan, Lahan Pemakaman hingga PJU

Andru Banjir Aspirasi di Surapandan, Lahan Pemakaman hingga PJU

SAMPAIKAN ASPIRASI. Warga di RW 04 Surapandan menyampaikan aspirasinya langsung dihadapan Wakil Ketua DPRD, M Handarujati Kalamullah.--

HARJAMUKTI - Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah S Sos menemui konstituennya yang berada di wilayah RW 04 Surapandan, Kelurahan Argasunya, Harjamukti.

Disana, legislator Partai Demokrat dari Dapil II Harjamukti tersebut mendengarkan keluhan dan harapan dari masyarakat untuk diperjuangkan.

Ketua RT 01 RW 04 Surapandan, Sri melaporkan mengenai kondisi jalan lingkungan yang ada di wilayahnya, dimana saat ini, kondisinya memprihatinkan dan belum tersentuh perbaikan.

"Jalan lingkungan rusak total, jadi minta dibenahi, saya minta itu saja tidak lebih," ungkap Sri.

BACA JUGA:Legislator Gerindra Terima Keluhan

Senada, warga RW 04 Surapandan, Untung Subagyo memyampaikan dua permintaan kepada wakil ketua DPRD, dimana menurutnya, dua hal yang ia sampaikan merupakan kebutuhan utama untuk di lingkungan masyarakat.

Pertama, ia menyampaikan mengenai kondisi di RW 04 Surapandan yang belum memiliki fasilitas umum berupa lahan pemakanan, padahal, pemakaman umum merupakan hal yang penting.

"Kami minta fasum, kami sangat butuh makam, karena disini belum ada. Selama ini warga disini nebeng di pemakaman daerah lain," ungkap Untung.

Kedua, Untung juga menyampaikan aspirasi masyarakat mengenai masih minimnya penerangan jalan umum, sehingga saat ini, jalan-jalan di RW 04 Surapandan dalam kondisi gelap.

BACA JUGA:Di Pulasaren, Legislator NasDem Dapat Keluhan Soal Banjir Karena Drainase yang Buruk

"Kedua soal PJU, padahal RW sudah mengajukan 31 titik, tapi belum direalisasikan, ini penting untuk di jalan-jalan di Surapandan yang masih gelap," kata Untung.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah menyatakan, siap mengakomodir semua masukan dan aspirasi yang diterimanya pada reses kemarin.

"Untuk perbaikan jalan, segera saya masukan ke usulan. Tapi saya minta diukur, dan difoto ulang, karena datanya harus detail. Semoga di 2023 bisa tergarap, termasuk senderan di Surapandan," ucap Andru.

Sedangkan untuk lahan pemakaman, kata Andru, ia akan mencoba berkoordinasi dengan perangkat daerah yang membidang, yakni Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), apakah nanti bisa dengan skema pengadaan lahan atau seperti apa.

BACA JUGA:BK Belum Terima Aduan, Beredar Isu PDIP Cabut Laporan Terkait Luthfi

"Pemakaman memang kebutuhan utama, nanti kita coba cari detailnya, lahan kosong di wilayah ini, akan kita usulkan agar diurus Pemkot melalui DPRKP, dan untuk PJU, saya dorong langsung ke Dishub supaya permintaan yang diajukan bisa dipercepat," kata Andru.

Selain perbaikan jalan, lahan pemakaman dan PJU, pada reses kemarin, Andru juga banjir aspirasi lain, mulai dari sarana dan prasarana untuk kader posyandu, bantuan operasional untuk mushola, perbaikan dan nornalisasi drainase hingga permintaan pengadaan gerobak sampah untuk warga.

Andru juga bersyukur, saat ini ada dua pokok pikiran hasil reses sebelumnya yang sudah dilaksanakan di Surapandan, yakni perbaikan saluran dan juga senderan, termasuk ia menunaikan janji untuk memberikan fasilitas printer untuk pemerintah RW dan peralatan hadroh.

"Yang dulu, alhamduliah sudah saya tunaikan. Yang hari ini, semua akan kita catat dan kita tindaklanjuti," imbuh Andru. (sep)

BACA JUGA:Telkomsel Buka Pendaftaran Program IndonesiaNEXT Season 7

Sumber: