Desa Perantau di Kuningan Ulang Tahun, Bupati Acep Beri Pesan Ini

Desa Perantau di Kuningan Ulang Tahun, Bupati Acep Beri Pesan Ini

ULANG TAHUN. Bupati H Acep Purnama bersama istri yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj Ika Purnama menghadiri ulang tahun ke-49 Desa Tangkolo, Kecamatan Subang, Selasa(3/5). Foto: diskominfo--

 

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN - Peringatan HUT ke-49 Desa Tangkolo, Kecamatan Subang yang berlangsung Selasa (3/5), berlangsung meriah.

 

 

Terlebih hampir sebagian besar warga setempat yang kembali dari perantauan untuk merayakan Hari Raya  Idul Fitri 1443 H memadati lokasi peringatan.

 

 

Tak ketinggalan, Bupati H Acep Purnama bersama istri yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj Ika Purnama menghadiri ulang tahun desa yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Ciamis tersebut.

 

 

Pihak panitia ulang tahun mengusung tema Bangkit Bersama Membangun Desa dengan Mengedepankan Kearifan Lokal. 

 

 

Di hadapan warga Tangkolo, Bupati Acep  menyampaikan terimakasih kepada para perantau dari Desa Tangkolo yang saat ini bisa berkesempatan mudik.

 

Apalagi dalam momen ini dijadikan media untuk bersilaturahmi sekaligus membangun kepedulian untuk membangun desa sebagai wujud cinta ka lemah cai. 

 

 

“Kami menyambut baik dengan digelarnya peringatan HUT Desa Tangkolo karena ini merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT atas apa yang dilimpahkan karunianya untuk desa ini. Juga sebagai media untuk menjaga kearifan lokal agar kita semua lebih ingat dan tidak melupakan jati diri kita sebagai warga yang dilahirkan di Desa Tangkolo. Desa Maju Kecamatan Maju Kabupaten Pasti juga maju,” papar Bupati.

 

 

Sementara Kepala Desa Tangkolo, Yoyo Sunaryo menceritakan bahwa bupati hadir secara pribadi rutin setiap tahunnya. Tercatat sudah 4 kali bupati menghadiri acara HUT Desa Tangkolo ini. Dan peringatan ulang tahun ini kembali digelar setelah selama dua 2 tahun tidak dilaksanakan lantaran pandemi Covid-19.

 

 

“Baru kali ini bisa hadir kembali ke HUT Desa Tangkolo.  Sebenarnya, acara seperti ini rutin setiap tahun dilaksanakan dan kegiatan ini merupakan gabungan kegiatan HUT Desa dengan Halal Bihalal masyarakat termasuk warga perantauan Desa Tangkolo,” jelas Kades Yoyo.

 

 

Menurut Kades Yoyo, HUT ke - 49 Desa Tangkolo diisi dengan berbagai acara. Mulai dari ngawangkong bareng Ikatan Warga Tangkolo (IWT) dan masyarakat, Pawai Alegoris dengan start dari Masjid Al Huda, finish di lapangan sepakbola Tangkolo.

 

 

Kemudian dilanjutkan upacara HUT Desa yang diisi dengan pesta rakyat makan bersama semua masyarakat dengan nuansa tempo dulu. 

 

 

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, lanjut dia, malam puncak ulang tahun dilaksanakan pagelaran seni yang mengedepankan potensi seni dan budaya kearifan lokal serta kreativitas warga Tangkolo dari berbagai unsur lembaga kemasyarakatan desa. Yakni RT, RW, PKK, Posyandu, DKM, LPM, Karang Taruna dan Kelompok Tani. (bud)

 

 

 

 

Sumber: