Yamaha_detail

Riska-Ririn, Bikin Bangga Indonesia; Pesilat Majalengka Boyong Emas SEA Games Vietnam

Riska-Ririn, Bikin Bangga Indonesia; Pesilat Majalengka Boyong Emas SEA Games Vietnam

JUARA. Riska Hermawan foto bersama pasangannya Ririn Rinasih dan pelatih, usai meraih medali emas ganda putri pencak silat SEA Games 2021 Vietnam, Rabu (11/5). FOTO: ISTIMEWA/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Warga Majalengka layak berbangga. Dua atlet andalannya, Riska Hermawan dan Ririn Rinasih sukses menyabet medali emas Cabang Olah Raga Pencak Silat untuk Indonesia di ajang SEA Games 2021 Vietnam.

Cabang olah raga pencak silat menyumbang medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 2021 Vietnam. Medali itu berhasil diraih di nomor seni ganda putri.

Medali emas diboyong pasangan atlet Jawa Barat, Riska Hermawan dan Ririn Rinasih. Riska merupakan atlet asal Kabupaten Majalengka, sedangkan Ririn atlet asal Kabupaten Subang yang sekarang sudah domisili di Majalengka.

Pesilat ganda putri Indonesia, Riska Hermawan dan Ririn Rinasih tampil mengesankan pada final nomor seni TGR di Bac Tu Liem Gymnasium, Vietnam, Rabu (11/5).

Keduanya sukses menyumbangkan medali emas di SEA Games 2022 Vietnam dari Cabor Silat Indonesia usai mengalahkan wakil tuan rumah, Nguyen Thi Thu Ha/Nguyen Thi Huyen.

Usai dinobatkan menjadi pemenang, Riska/Ririn langsung berlari mengibarkan bendera merah putih di arena pencak silat SEA Games 2021 Vietnam.

Sebelumnya, pada even PON XX Papua 2021, Riska dan Ririn pun menyumbangkan medali emas untuk Jawa Barat.

Ayah Riska yang juga peraih medali emas SEA Games 1997 di Jakarta, Cece Hermawan mengaku salut dan bangga pada ganda putri yang bisa main dalam aturan baru dengan main 3 kali untuk mendapatkan medali emas.

“Terima kasih banyak pada manajer, pelatih kepala dan teman-teman tim pelatih yang begitu gigih melatih atlet. Hingga bisa main maksimal dan jadi juara,” ujar Cece Hermawan.

Ucapan terima kasih juga Cece sampaikan kepada ketua Perguruan Ciung Wanara Kabupaten Majalengka, Khusnan dan Drs Nurajin.

Termasuk Dispora Kabupaten Majalengka serta Satpol PP Kabupaten Majalengka atas pembinaan terhadap perguruan Ciung Wanara.

Riska/Ririn memang sudah cukup lama berpasangan, tepatnya sejak tahun 2016. Namun keduanya baru kembali masuk pelatnas untuk SEA Games 2021 sejak Januari lalu.

Khusus Riska, medali emas kali ini meneguhkan tradisi emas keluarga Hermawan. Riska merupakan putri peraih medali emas SEA Games 1997, Cece Hermawan.

Langkah pasangan Riska/Ririn untuk meraih medali emas memang cukup mulus. Mereka tampak tak terpengaruh dengan sejumlah hasil buruk yang diraih wakil Indonesia ini.

Langkah Riska/Ririn gagal diikuti pesilat seni lainnya yang tampil di final di hari yang sama. Tunggal putri Puspa Arum Sari dan regu putra Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Nunu Nugraha hanya meraih medali perak.

Ini merupakan emas perdana Riska/Ririn selama berpartisipasi di ajang SEA Games. Sebelumnya, mereka hanya mendapat perunggu pada edisi 2017 di Malaysia. Di SEA Games 2017 Malaysia, pasangan Riska dan Ririn hanya mendapat medali perak karena di final dikalahkan pasangan ganda putri tuan rumah Malaysia. Sementara di SEA Games 2019 Filipina, Riska tidak dapat tampil karena sedang fokus penyembuhan cedera lutut. (hsn)

 

Sumber: