Yamaha_detail

Yakin Raih Juara Kampung KB Terbaik Jawa Barat

Yakin Raih Juara Kampung KB Terbaik Jawa Barat

KAMPUNG KB. Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi mengikuti penilaian tahap III Apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jabar tahun di Kampung KB Hegarmanah Desa Haurkuningan Kecamatan Nusaherang, Selasa (24/5).--

RAKYATCIREBON.IDKUNINGAN- Target besar diapungkan Pemkab Kuningan untuk menjadi yang terbaik dalam ajang Kampung KB di Jawa Barat. Untuk mencapai target tersebut, Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi mengikuti penilaian tahap III Apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jabar tahun di Kampung KB Hegarmanah Desa Haurkuningan Kecamatan Nusaherang, Selasa (24/5).

Saat memberikan sambutan, Sekda Dian mengucapkan terima kasih kepada tim juri rechecking Kampung KB dalam rangka apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat tahap III di wilayah Kampung KB Hegarmanah Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang.

Menurut Sekda, Kampung KB akan berhasil jika dilakukan secara bersama dengan bahu-membahu antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat yang ada. “Khusus program Kampung KB secara umum di Kabupaten Kuningan sampai dengan saat ini berdasarkan data online bulan Mei 2022, sudah terbentuk sebanyak 126 kampung KB. Jumlah ini tersebar di 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Karena itu, orang kuat ketiga di Pemkab Kuningan itu berharap kepada tim juri recheking/apresiasi tahap III kampung KB agar menjadikan Kampung KB Hegarmanah Desa Haurkuning menjadi percontohan kampung KB klasifikasi berkembang di wilayah Jawa Barat. Dalam arti siap menjadi juara terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat.

Sementara, Ketua Tim Juri Wiwin Winarni MSi menyampaikan, rechecking Kampung KB sebagai apresiasi Kampung KB Terbaik tingkat Jawa Barat yang bertujuan untuk melihat secara langsung aktivitas di Kampung KB. Kemudian juga menggali informasi tambahan dari pengurus Kampung KB dan untuk melihat kesesuaian antara informasi yang tertuang dalam profil, hasil wawancara dan pelaksanaan lapangan.

“Semoga dengan adanya rechecking ini dapat meningkatkan kualitas Kampung KB itu sendiri dengan memiliki SDM yang semakin berkualitas, unggul, dan berdaya saing dengan yang lainnya,” katanya.

Sedangkan Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Trisman Supriatna MPd menerangkan, Kampung KB ini akan memperoleh nilai yang lebih dengan program-program unggulan yang inovatif. Tentunya juga sangat bermanfaat untuk masyarakat. Di antaranya program Kampung Ayunan Cegah Stunting (Kayu Canting) dan  Ngajadikeun Buruan Hejo (Ngaburjo),

"Terima kasih kepada seluruh pihak terutama SKPD terkait atas bantuan dan kerjasamanya. Sehingga telah banyak syarat yang sudah dipenuhi untuk dapat menjadi yang terbaik di Jawa Barat. Hal ini dapat dibuktikan dengan program-program yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Trisman.

Masih dikatakan Trisman, sudah banyak yang dilakukan DPPKBP3A untuk mendukung program Kampung KB. Antara lain pembangunan Tugu Kampung KB di 26 Kampung KB sebagai sarana promosi dan KIE Program Bangga Kencana, pembinaan pendamping Kampung KB, dan pembinaan pengurus/pengelola Kampung KB. Selain itu juga ada bimbingan teknis pelaporan online Kampung KB, pembinaan rumah data, monev kampung KB. (bud)

 

 

Sumber: