Organda Pastikan Seluruh Angkutan Umum Terdaftar di MyPertamina

Organda Pastikan Seluruh Angkutan Umum Terdaftar di MyPertamina

PERTEMUAN. Organda se Wilayah III Cirebon bertemu dengan Pertamina terkait persiapan pendaftaran BBM Subsidi di MyPertamina, Kamis (21/7).--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Cirebon memastikan seluruh angkutan umum terdaftar di MyPertamina sebelum kebijakan BBM Subsidi Tepat Sasaran diberlakukan.
 
Hal itu mencuat dalam pertemuan Pengurus Organda se Wilayah III Cirebon dengan Pertamina terkait sosialisasi BBM Subsidi Tepat Sasaran, Kamis (21/7) di aula Alamanis Resort & Vila, Kawasan Gronggong, Cirebon.
 
Ketua DPC Organda Cirebon, H Syafei Moehsin mengatakan, sempat muncul kekhawatiran kebijakan tersebut bakal memicu sulitnya angkutan umum mendapat solar dan pertalite. Lantaran agar mendapatkan BBM Subsidi harus daftar di MyPertamina lebih dulu. 
 
Syafei menilai, BBM Subsidi Tepat Sasaran justru terobosan bagus dari Pertamina. Organda pun bakal turut sosalisasi kepada sopir dan pengelola angkutan umum agar pro aktif mendaftarkan diri ke MyPertamina.
 
"Organda sebagai organisasi angkutan darat tentu akan sosialisasi sampai selesai. Bagi yang belum paham, datang ke kami, Pertaminanya siap kapan aja," jelas Syafei..
 
 
Menurut Syafei, pendaftaran ke MyPertamina pun tidak sulit. Apalagi, Pertamina siap siaga membantu secara teknis. Seharusnya, kata Syafei, tidak ada kekhawatiran lagi terkait BBM Subsidi Tepat Sasaran. Lebih-lebih BBM Subsidi salah satunya diperuntukan untuk angkutan umum.
 
"Nggak ada kendala. Lebih jelas. Ceritanya udah enak banget. Angkutan umum akan lebih enak. Apalagi yang berhak BBM Subsidi itu kan kita," jelas Syafei.
 
Wakil Ketua Organda Cirebon, H Yuyun Wahyu Kurnia mengatakan, Organda siap membantu sopir angkutan umum mendaftarkan diri ke MyPertamina. Hal itu sebagai komitmen Organda sebagai wadah yang menaungi pengusaha angkutan darat.
 
 
Senada, Ketua Korwil Organda Wilayah III Cirebon, H Ade Kusma Praja menyambut baik inisiatif Pertamina dalam membantu menertibkan distribusi BBM Subsidi. 
 
"Dengan adanya pertemuan ini kami menyambut syukur Alhamdulillah. Kami apresiasi betul-betul mensupport. Karena selama ini BBM subsidi itu tidak tepat sasaran," jelas Ade. 
 
Ade meminta, sebelum kebijalam BBM Subsidi Tepat Sasaran diberlakukan, seluruh angkutan umum harus terdaftar di MyPertamina. "Banyak BBM yang seharusnya diambil oleh angkutan umum malah diambil oleh mobil bukan haknya khususnya pertalite," jelaa Ade.
 
 
Sales Branch Manager Pertamina Cirebon, Adeka Sangtraga Hitapriya mengatakan, pertmuan dengan Organda dan Dishub se Ciayumajakuning bertujuan memberikan informasi komprehensif seputar kebijakan BBM Subsidi Tepat Sasaran.
 
"Kami mencoba memberikan informasi lebih masif lagi kepada Organda DPC se Ciayumajakuning juga Dinas Perhubungan terkait yang berkembang sekarang. Bahwa Pertamina tidak menutup akses BBM Subsidi," jelasnya.
 
"Jadi tidak perlu khawatir terkait pembelian BBM itu sudah kita rapatkan. Kalau udah mendaftar tinggal bawa barcode saja ke SPBU untuk pembelian," jelas Adeka. 
 
 
Guna membantu pemilik kendaraan daftar di MyPertamina, pihaknya bakal membuka booth di berbagai SPBU yang ramai. Tujuannya, pemilik kendaraan yang masih bingung bisa mengakses bantuan di booth tersebut.
 
Adeka menambahkan, kebijakan BBM Subsidi Tepat Sasaran saat ini sedang tahap sosialisasi. Di Jawa Barat ada empat daerah yang diujicoba penerapan transaksi solar dan pertalite berdasaekan data MyPertamina yakni Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. 
 
Sejauh ini, terkait waktu penerapan kebijakan tersebut, belum ada kepastian dari pemerintah. Menurut Adeka, Pertamina saat ini hanya fokus sosialisasi dan membantu pemilik kendaraan mendaftar di MyPertamina. Baik melalui aplikasi maupun website. (wan)

Sumber: