dr Ratnawati Raih Penghargaan Tokoh UMKM Cirebon-Indramayu

dr Ratnawati Raih Penghargaan Tokoh UMKM Cirebon-Indramayu

PENGHARGAAN. Istri dari anggota DPR-RI Fraksi Partai Demokrat Dapil Jawa Barat VIII, Ir Herman Khaeron, dr Ratnawati saat menerima penghargaan pada momen HUT RCTV ke-11.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Istri dari anggota DPR-RI Fraksi Partai Demokrat Dapil Jawa Barat VIII, Ir Herman Khaeron, yakni dr Ratnawati mendapatkan penghargaan sebagai pembina UMKM di Cirebon dan Indramayu pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Radar Cirebon Televisi (RCTV) beberapa waktu lalu.

Dr Ratnawati diganjar penghargaan karena kiprah dan semangatnya mengembangkan UMKM yang ada melalui sebuah yayasan yang dimilikinya, yaitu Yayasan Mitra Sehati selama ini membina ratusan UMKM di Cirebon dan Indramayu.

Banyak hal yang sudah ia lakukan untuk membangkitkan geliat ekonomi melalui sektor UMKM, terlebih pasca pandemi ini,ia rutin turun melakukan gerakan-gerakan UMKM, mulai dari memberi bantuan pembiayaan untuk permodalan, turun memberikan bantuan peralatan hingga ikut membantu proses perizinan.

Tak hanya itu, bahkan dr Ratnawati juga banyak terlibat langsung dalam berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas UMKM di Cirebon dan Indramayu, seperti pelatihan untuk desain dan branding produk, marketing digital, serta pelatihan lain untuk penguatan manajemen UMKM.

dr. Ratnawati yang pernah menyandang predikat dokter teladan pada tahun 1998, dan berkiprah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama 22 tahun bidang kesehatan tersebut mengaku, gerakan pengembangan UMKM yang saat ini ia lakukan merupakan bentuk kepeduliannya terhadap situasi ekonomi, terlebih pasca pandemi, sehingga ia ingin berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor ekonomi kerakyatan.

Dr Ratnawati sangat menyadari, bahwa UMKM merupakan jangkar perekonomian bangsa dan perwujudan dari ekonomi kerakyatan, program yang terus digaungkan oleh pemerintah, maka dari itu, ia ingin menjadi bagian didalamnya, untuk membangkitkan sektor tersebut.

Penghargaan yang diberikannya pada momen HUT RCTV ke-11 tersebut, kata dia, akan dijadikan sebagai salahsatu motivasi untuk terus berkiprah meningkatkan kualitas UMKM yang ada.

"Penghargaan ini tentu mencambuk saya agar lebih efektif dan lebih luas lagi membina UMKM,” ungkap dr Ratnawati.

Ditambahkan dr Ratnawati, kedepan, tak hanya di wilayah Cirebon dan Indramayu, ia juga memiliki keinginan untuk bisa ikut berpartisipasi untuk UMKM di wilayah yang lebih luas, dan dalam waktu dekat, ia juga akan ikut berpartisipasi dalam pameran yang dilaksanakan oleh RRI Cirebon.

“Saya berencana melebarkan untuk membina UMKM se Jawa Barat, tentunya spirit saya UMKM bisa lebih maju, omzet meningkat, dan berjaya di negerinya," kata dr Ratnawati. (sep)

Sumber: