Lili Eliyah Monitoring Desa Sadar Hukum

Lili Eliyah Monitoring Desa Sadar Hukum

MONITORING. Anggota DPRD Fraksi Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Lili Eliyah SH MM (ketiga dari kiri) melakukan monitoring "Desa Sadar Hukum" di wilayah Jawa Barat. --

RAKYATCIREBON.ID, BANDUNG - Anggota DPRD Fraksi Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Lili Eliyah SH MM langsung bekerja setelah akhir bulan Juli 2022 lalu dilantik. Lili bersama anggota DPRD Komisi 1 lainnya mengikuti monitoring beberapa desa dengan tema "Desa Sadar Hukum". 

Mantan ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon itu, berkeliling ke tiga kabupaten yang berada di Jawa Barat. Yakni Kabupaten Bandung Barat (Desa Ciwaruga), Kabupaten Cianjur (Desa Sindangsari dan Desa Sindanglaya) dan Kabupaten Garut (Desa Karyamukti). 

"Kepedulian dan kesadaran hukum bukan hanya tanggung jawab pemerintah ataupun instansi yang menaunginya. Masyarakat pun dituntut memiliki pengetahuan dan kesadaran hukum," tandas Lili usai monitoring, Rabu (10/8).

Lili mengungkapkan, dirinya terus mendorong munculnya desa atau kelurahan sadar hukum di wilayahnya. Sebab, dengan memiliki pemahamam dan kesadaran hukum yang tinggi, akan berdampak pada berkurangnya permasalahan hukum di masyarakat.

“Akan meningkat pula kepatuhan masyarakat terhadap hukum, sehingga tercipta kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman dan tertib,” paparnya.

Masih kata Lili, program desa sadar hukum di Jawa Barat terus digencarkan ke seluruh desa ataupun kelurahan. 

“Di beberapa kabupaten yang telah dikunjungi desa sadar hukum sudah diterapkan. Adapun kriteria desa sadar hukum, yaitu terkait akses informasi hukum, implementasi hukum, akses keadilan, demokrasi, dan regulasi,” tandasnya. (sep) 

Sumber: