Deklarasi Pahlawan Nasional, Masyarakat Kota Wali Dukung Ki Bagus Rangin

Deklarasi Pahlawan Nasional, Masyarakat Kota Wali Dukung Ki Bagus Rangin

PAHLAWAN. Para pemuda di RW 04 Pesayangan, Panjunan mendeklarasikan dukungan terhadap Ki Bagus Rangin sebagai pahlawan nasional, disaksikan langsung Sultan Keraton Kacirebonan ke IX, Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT --

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Dukungan terhadap Ki Bagus Rangin, salah satu pahlawan Cirebon untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat.

Selasa (16/8) malam lalu, para pemuda di RW 04 Pesayangan Kelurahan Panjunan, Kota Cirebon melakukan deklarasi, mendukung nama Ki Bagus Rangin agar ditetapkan oleh pemerintah menjadi pahlawan nasional.

Deklarasi yang dilakukan para pemuda di RW 04 Pesayangan itu, disaksikan langsung oleh Sultan Keraton Kacirebonan ke IX, Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat, Danramil Lemahwungkuk dan Kapolsek Lemahwungkuk.

"Kami selaku perwakilan pemuda RW 04 Pesayangan, menyatakan dukungan penuh untuk pengajuan nama besar pahlawan Ki Bagus Rangin, sebagai pahlawan nasional di Republik Indonesia. Atas jasanya, dengan tekadnya memperjuangkan kemerdekaan hakiki untuk kita semua,” ucap para pemuda di Pesayangan membacakan deklarasinya.

Salah satu tokoh pemuda di RW 04 Pesayangan, Muhammad Hasya Sabila menyampaikan bahwa jasa nama besar Ki Bagus Rangin sangat besar. Hanya saja, Ki Bagus Rangin merupakan salah satu tokoh pahlawan Cirebon yang terlupakan.

BACA JUGA:Agustus-September, Jangan Kaget Kedatangan Relawan PMI

Setelah deklarasi, gerakan dukungan pun akan terus dilakukan oleh para pemuda, dikatakan Hasya, mereka akan melakukan sosialisasi tentang sosok Ki Bagus Rangin kepada masyarakat Kampung Pesayangan.

Pasalnya, masih banyak masyarakat di Kampung Pesayangan yang belum mengetahui siapa itu sosok Ki Bagus Rangin, sehingga sosialisasi kepada masyarakat tentang sosok Ki Bagus Rangin perlu dilakukan. Bahkan tak hanya di Kampung Pesayangan.

"Deklarasi ini kami lakukan untuk memperjuangkan Ki Bagus Rangin sebagai pahlawan nasional. Karena Ki Bagus Rangin merupakan salah satu tokoh pejuang Cirebon yang terlupakan," kata Hasya.

Sementara itu, Sultan Keraton Kacirebonan ke IX, Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat mengapresiasi dukungan yang diberikan para pemuda terhadap nama Ki Bagus Rangin menjadi pahlawan nasional.

“Ki Bagus Rangin adalah tokoh perlawanan terhadap penjajah di Cirebon. Maka itu, generasi penerus bangsa harus mengetahui dan menghargai perjuangan para pahlawan. Saya mengapresiasi semangat dari pemuda dan masyarakat Kampung Pesayangan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus mendeklarasikan Ki Bagus Rangin sebagai pahlawan nasional ini,” kata Abdulgani. 

BACA JUGA:Booster Nakes Belum Dimulai, Tunggu Juknis dari Kementrian Kesehatan

Untuk diketahui, Ki Bagus Rangin adalah tokoh dari Bantarjati, Majalengka (diperkirakan lahir sekitar tahun 1761). Dia merupakan tokoh sejarah dan pahlawan yang menentang dan memimpin pemberontakan melawan Belanda pada Perang Cirebon tahun 1805-1812. 

Bagus Rangin berasal dari Demak, distrik Blandong, Rajagaluh (sekarang Rajagaluh menjadi Kecamatan Rajagaluh, Majalengka) yang terletak di kaki Gunung Ceremai. Dia adalah putra dari Sentayem (Ki Buyut Teyom), cucu dari Waridah dan keturunan dari Ki Buyut Sambeng, salah satu dari cicit pembesar di daerah tersebut. Atau dalam Bahasa Cirebon disebut Ki Gede. 

Sumber: