Presiden RI akan Beri Gelar Pahlawan Nasional untuk 6 Tokoh Indonesia, Termasuk KH Abdul Chalim Leuwimunding

Presiden RI akan Beri Gelar Pahlawan Nasional untuk 6 Tokoh Indonesia, Termasuk KH Abdul Chalim Leuwimunding

KH Abdul Halim, tokoh dari Leuwimunding Majalengka, yang semasa hidupnya sangat berjasa bagi bangsa dan negara RI.--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Seperti biasanya, menjelang hari Pahlawan Nasional pada 10 November, Presiden RI akan memberikan gelar pahlawan kepada nasional kepada tokoh-tokoh yang berjasa bagi bangsa dan negara RI, termasuk ikut mewujudkan kemerdekaan RI.

Pada Hari Pahlawan 10 November 2023, Presiden RI Joko Widodo akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya.

Enam tokoh tersebut ialah: 1. Ida Dewa Agung Jambe dari Bali, 2. Bataha Santiago dari Sulawesi Utara, 3. M Tabrani dari Jawa Timur, 4. Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah, 5. KH Abdul Chalim Leuwimunding dari Majalengka Jawa Barat, 6. KH Ahmad Hanafiah dari Lampung.

Hal itu berdasarkan surat dari Kementerian Sekretariat Negara RI Nomor R-09/KSN/SM/GT.02.00/11/2023 tertanggal 3 November 2023.

BACA JUGA : Prof Dr Dudung Abdurachman Mengukir Sejarah, Prajurit Militer Aktif Pertama yang Menyandang Gelar Profesor

Dalam surat tersebut tertulis calon pahlawan nasional yang akan mendapat gelar Pahlawan Nasional pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023.

KH Abdul Chalim Leuwimunding merupakan salah satu pendiri Nahdlatul Ulama kelahiran Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat.

Kiai Abdul Chalim terlibat aktif di awal-awal pendirian NU di Surabaya bersama KH Abdul Wahab Chasbullah.

KH Abdul Chalim Leuwimunding konsisten mendedikasikan diri untuk membangun pendidikan bangsa. Salah satunya melalui gerakan lembaga pendidikan sosial dan politik bernama Taswirul Afkar (kebangkitan pemikiran).

Selain berjibaku ikut melakukan pergerakan nasional kemerdekaan, KH Abdul Chalim Leuwimunding merupakan tokoh penting di balik layar dokumen-dokumen pencatatan di tubuh NU.

BACA JUGA: 7 Fraksi Usulkan Nama Agus Mulyadi, PDIP dan Demokrat Usulkan Nama yang Berbeda

Sosok yang memilih untuk tidak populer ini membantu KH Wahab Casbullah (Katib) sebagai Naibul Katib dalam kepengurusan pertama PBNU.

Termasuk saat menggagas Nahdlatul Wathan bersama KH Wahab Chasbullah yang menjadi tonggak patriotisme cinta tanah air khususnya bagi anak-anak muda.

KH Abdul Chalim lahir tanggal 2 Juni 1898. KH Abdul Chalim meninggal dunia pada 11 April 1972 kemudian dimakamkan di kompleks Pesantren Sabilul Chalim Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat.(*)

Sumber: