PKS Sodorkan Aher Cawapres untuk Anies, Masih Bahas Kriteria

PKS Sodorkan Aher Cawapres untuk Anies, Masih Bahas Kriteria

Ahmad Heryawan alias Aher--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - DPP PKS bakal mengusulkan Wakil Ketua Majelis Syuro Ahmad Heryawan sebagai kandidat cawapres terkuat jadi pendamping Anies Baswedan.

Juru bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan nama Aher akan disodorkan parpolnya kepada NasDem dan Demokrat.

Kholid menyebut PKS sebenarnya mengantongi lima nama kadernya yang diusulkan jadi cawapres. Nama-nama itu ialah Ahmad Heryawan alias Aher, Hidayat Nur Wahid, Irwan Prayitno, Ahmad Syaikhu, dan Sohibul Iman.

"Dalam perkembangannya, kalau dikerucutkan menjadi satu nama, PKS akan mengusulkan Aher dalam meja perundingan tim kecil," kata Kholid kepada JPNN.com, Selasa (25/10).

Namun, PKS tidak menutup pilihan terhadap alternatif cawapres lain. Sebab, pembahasan soal pendamping Anies Baswedan di antara calon mitra koalisi masih cair.

"PKS membuka peluang nama yang muncul nanti di meja perundingan. Baik itu parpol atau non-parpol yang penting sesuai kriterianya," lanjutnya.

Adapun kriterianya ialah paling potensial menang, paling mampu memimpin serta saling melengkapi, dan paling mampu mempersatukan bangsa.

Kholid juga menjelaskan saat ini tim kecil masih fokus membahas kriteria dan mekanisme pemilihan cawapres.
"Tim kecil masih dalam tahapan penentuan kriteria dan mekanisme pemilihan, karena prinsip kami equal partnership. Jadi, masing-masing pihak ajukan nama dan kandidat," ucap dia.(mcr8/jpnn/rakcer)

Sumber: