Dari Panggung Jalanan, Dishub Kabupaten Cirebon Galang Dana untuk Cianjur

Dari Panggung Jalanan, Dishub Kabupaten Cirebon Galang Dana untuk Cianjur

AKSI SOSIAL. Dishub Kabupaten Cirebon bersama FKSBC melakukan aksi galang dana untuk korban gempa di Cianjur. FOTO: ISTIMEWA/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Gempa di Cianjur menjadi tragedi besar di Jawa Barat. Duka bersama, bukan hanya menjadi duka warga Cianjur saja. Di sana banyak bangunan ambruk hingga menyebabkan ratusan korban meninggal dunia.

Tentu, tragedi itu menjadi perhatian, menggerakan banyak pihak. Tanpa terkecuali, warga di Kabupaten Cirebon ikut merasakan duka yang teramat dalam.

Pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan pun melakukan aksi kemanusiaan. Menggelar aksi solidaritas di jalan, dengan mendirikan panggung jalanan, menggalang dana bagi mereka yang tertimpa gempa.

Dishub tidak sendiri. Tapi, melakukan kerja bareng dengan menggandeng Forum Komunikasi Seni Burok Cirebon (FKSBC). Mereka menyulap pangkalan elf dan angkutan desa Cipeujeuh, Kecamatan Lemahabang, sebagai arena panggung jalanan.

"Hari ini, kita menggelar aksi kemanusiaan. Menggalang dana di jalan untuk sumbangan korban gempa di Cianjur. Alhamdulillah mendapat sambutan baik dari para pengendara," kata Kepala Dishub Kabupaten Cirebon, Drs H Asdullah MM kepada Rakyat Cirebon, Kamis (1/12).

Aksi galang dana ini, kata Asdullah, rencananya akan dilakukan tidak hanya hari ini saja. Tapi, akan terus berlanjut hingga Minggu (3/12).

Nantinya, seniman di pantura akan ikut serta memeriahkannya. Termasuk artis pantura Dian Anic dan Diana Sastra. Keduanya, dipastikan akan menggoyangkan jalanan.

“Langkah kecil ini, semata sebagai bentuk dukungan moril, demi meringankan korban bencana,” ungkapnya.

Ia berharap, gerakannya ini nanti mendapat support dari masyarakat sekitar. “Saya mengimbau seluruh warga di wilayah Lemahabang, beramai-ramai datang dan turut menyumbangkan bantuan dalam aksi galang dana yang diselenggarakan ini. Semuanya, demi saudara kita di Cianjur. Agar mereka yang tertimpa musibah bisa sedikit terkurangi bebannya,” tuturnya.

Nantinya, sumbangan itu akan disalurkan kepada korban gempa di Cianjur sana. Langsung, tanpa melalui perantara. Dishub hanya menjadi perantara, sebagai bagian dari pemerintah mewakili daerah. Ia berharap, aksi serupa dapat digelar di wilayah lainnya.

“Terima kasih atas sambutan baik dari masyarakat di Lemahabang dan sekitarnya. Kita berbagi, sambil bernyanyi. Menghibur masyarakat dengan alunan seni musik tarlingan. Kami harap, gerakan ini tidak berhenti di sini saja. Daerah lain pun harus ada yang menginisiasi,” pungkasnya. (zen)  

Sumber: