PKS Kota Cirebon Menunggu Arahan DPP, Termasuk untuk Ketemu Mitra Koalisi

PKS Kota Cirebon Menunggu Arahan DPP, Termasuk untuk Ketemu Mitra Koalisi

Anies Baswedan--

RAKYATCIREBON.ID, KEJAKSAN - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun sudah menyatakan diri ikut gerbong koalisi dan mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai calon Presiden pada Pemilu 2024.

Secara resmi, DPP PKS juga sudah menyatakan ikut mendukung Anies, dan bergabung dengan NasDem dan Demokrat.

Di daerah, ketiga parpol pun ikut menyambut baik terbentuknya koalisi perubahan, dengan Anies yang menjadi sosok yang akan diusung, terlebih dengan bergabungnya PKS.

Koalisi tiga parpol tersebut sudah memenuhi 20 persen syarat kursi di parlemen untuk mengusung pasangan Capres dan Cawapres.

Ketua DPD Partai PKS Kota Cirebon, H Karso menyampaikan, keputusan DPP PKS tersebut, sebetulnya menjadi satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh kader di Kota Cirebon.

"Prinsipnya, kita di DPD, suara dari bawah sudah sepakat, tapi saat itu masih menunggu keputusan resmi dari DPP," ungkap H Karso.

BACA JUGA: 5 Desa Wisata di Kuningan, Pada No 2 Ada Makam Raja Siau dari Sulawesi Utara

Disoal mengenai respon parpolnya di daerah, lanjut H Karso, selanjutnya, struktur partai akan menunggu arahan dari DPP, termasuk untuk konsolidasi dengan parpol mitra koalisi.

"Belum ada arahan kesana, jadi sifatnya menunggu. Kemarin kita juga sudah koordinasi ke DPW Jabar, dan memang diarahkan menunggu arahan pusat, sehingga dibawah tinggal gerak," lanjut H Karso.

Mengenai harapan dari para kader PKS, setelah mengusung Bacapres sendiri, dijelaskan H Karso menjelaskan, sebagai kader partai, sudah wajar jika menginginkan Bacawapres Anies dari partainya.

Akan tetapi, kedewasaan berpolitik pun diuji, sehingga parpol yang berkoalisi harus mengedepankan keputusan bersama, termasuk soal bacawapres.

"Secara internal, pasti punya keinginan ada kadernya maju di Wapres. Tapi kami jauh lebih mementingkan potensi kemenangannya, yang bisa mengakomodir semua partai koalisi, kami mengedepankan azas seperti itu," jelas H Karso.

BACA JUGA: Minggu 5 Februari 2023 Bakal Meriah, Kota Cirebon Gelar Cap Go Meh Lagi

Secara otomsatis, ditambahkan H Karso, setelah resmi mendukung Anies, maka kader-kader PKS di daerah, termasuk di Kota Cirebon, harus mulai mensosialisasikan dan memperkenalkan sosok Anies Rasyid Baswedan.

Sumber: