Hijaukan Kota Cirebon, PT KAI Tanam 654 Bibit Pohon, Dari Stasiun Kereta hingga ke RT dan RW

Hijaukan Kota Cirebon, PT KAI Tanam 654 Bibit Pohon,  Dari Stasiun Kereta hingga ke RT dan RW

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana saat melakukan penanaman di lingkungan Stasiun Cirebon Prujakan, Jumat (11/08). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, PEKALIPAN - Stasiun-stasiun, khususnya di Kota Cirebon, semakin hijau, karena dalam rangka ikut memeriahkan Hari Jadi ke-654 Cirebon, melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Bina Lingkungan-nya, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon melakukan penanaman 654 pohon di Kota Cirebon.

Penanaman 654 pohon di Kota Cirebon pun diawali dengan penanaman di lingkungan Stasiun Cirebon Prujakan, Jumat (11/08), dan akan dilanjutkan dengan penanaman di sejumlah titik di wilayah Kota Cirebon.

Sisa bibit pohon, dari sejumlah 654 bibit yang belum ditanamkan, akan didistribusikan ke sejumlah titik di Kota Cirebon melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

"Sisa yang belum ditanam akan disampaikan ke Pemkot, melalui DLH, untuk berkoordinasi dengan kelurahan, sehingga masyarakat yang mebutuhkan penanaman pohon di lingkungannya, bisa melalui RT dan RW setempat," demikian disampaikan oleh Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana kepada Rakyat Cirebon, Jumat (11/08).

Selain ikut memeriahkan rangkaian Hari Jadi Cirebon, lanjut Dicky, dengan terus konsisten menanam pohon, PT KAI juga menegaskan komitmen untuk ikut mewujudkan Kota Cirebon yang hijau.

Diakui Dicky, jumlah bibit pohon yang ditanam memang masih sedikit, jika dibandingkan dengan luasan wilayah Kota Cirebon yang masih minim penghijauan.

Akan tetapi, upaya dan langkah kecil dari PT KAI ini, diharapkan menjadi upaya yang bisa dicontoh oleh berbagai pihak, termasuk oleh masyarakat, sehingga penghijauan dinl Kota Cirebon bisa berjalan dengan lebih masif.

"Ini mungkin baru sebagian kecil, untuk wilayah Kota Cirebon yang luas, tapi kami berharap, dengan ini, Kota Cirebon bisa memberikan sumbangsih nasional sebagai penambah kadar oksigen," jelas Dicky.

Penanaman pohon yang menjadi upaya penghijauan ini, khususnya di lingkungan Stasiun, kata Dicky, juga diharapkan bisa mengurangi efek karbon yang ditimbulkan oleh kegiatan lokomotif dan sarana perkereta apian lainnya.

"Ini menjadi upaya mengurangi emisi, semoga menjadi contoh, untuk di setiap stasiun," kata Dicky.

Untuk diketahui, 654 bibit pohon yang ditanam di wilayah Kota Cirebon, terdiri dari beberapa jenis, sepert  jenis Trembesi, Ketapang Kencana, Tabebuya, Klengkeng, Alpuket, Glodokan hingga bibit pohon Mangga.

654 bibit pohon yang ditanam di Kota Cirebon ini juga menjadi bagian dari program Go Green gerakan penanaman Satu Juta Pohon untuk Indonesia yang digagas oleh PT KAI.

"Penanaman pohon akan memberikan banyak nilai positif, seperti menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, dapat menyerap polusi udara, sekaligus membantu pencapaian target emisi 0 pada tahun 2060," imbuh Dicky. (sep)

Sumber: