Perpecahan PAN Kabupaten Cirebon; Ketuanya Dukung Ganjar, Sekretaris Kampanyekan Prabowo

Perpecahan PAN Kabupaten Cirebon; Ketuanya Dukung Ganjar, Sekretaris Kampanyekan Prabowo

Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon, Heru Subagia--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sikap politik DPD PAN Kabupaten Cirebon tidak goyah. Keukueh mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, meskipun DPP PAN sudah bergabung bersama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), yang telah mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presidennya.

"Ini bukan masalah beda dukungan lagi. Saya tegaskan sebagai ketua DPD PAN, maupun sebagai individu entitas politik, karakter kita ini, memang karakter Ganjar," kata Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon, Heru Subagia, Selasa (15/8).

Bahkan Heru sudah dikenal di DPP, sebagai faksinya PAN Merah, yang bergabung dipartai berlambang matahari. Menurut dia, terkait perbedaan pilihan ini, sebagai khasanah. Dirinya ingin memastikan bahwa berpolitik itu, harus mempunyai kaidah normatif dan kaidah moral serta bagaimana  mempertanggungjawabkannya.

"Dari awal saya memang DNA nya Ganjar. Sampai hari ini saya masih mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres," tegasnya.

Keputusannya dianggap bukan sebagai bentuk pembelotan dari sikap di DPP PAN. "Saya bukan membelot. Saya hanya memastikan bahwa saya punya prinsip. Punya komitmen untuk mematuhi apa yang menjadi kepatuhan dari daerah," katanya.

Heru pun mengaku aneh, sampai detik ini tidak mendapatkan peringatan apapun dari DPP. Misalnya harus tegak lurus dengan sikap DPP. Atau harus mengklarifikasi statmennya.

Heru tidak menampik, sudah mendapat telephone dari DPP. Tapi, tidak ada pertanyaan atau pernyataan yang mengarah pada peringatan.

"Kemarin sempat ada telpon dari Badan Kehormatan Mahkamah Partai. Tapi hanya untuk memastikan nama saya Heru Subagia. Hanya menanyakan sedikit tentang struktur partai kita. Aktif atau tidak. Jadi tidak ada sama sekali peringatan atau apapun itu, sampai detik ini pun, tidak ada yang menyentuh keputusan saya," tegasnya.

Menurutnya, sikap politiknya sudah diketahui DPP PAN jauh sebelum menjabat sebagai Ketua DPD. "Ketum sudah tau, kalau saya sebagai Ketua Relawan Ganjar Pranowo (RGP) for presiden 2024. Beliau faham betul, warna saya Ganjar," katanya.

Ia pun tidak mengkhawatirkan terjadi pengkudetaan atas langkah politiknya. Karena sejauh ini, struktur partai didominasi relawan ganjar bentuknya.

"Struktur PAN di Kabupaten Cirebn terlahir dari relawan Ganjar Pranowo. Jadi hak dan kewajiban mereka untuk menghormati keputusan saya," tegasnya.

"Saya sama sekali tidak terfikir internal saya akan pecah. Dan akan ada yang mengkudeta saya, gara-gara alasan ketua DPD masih tegak lurus mendukung Ganjar. Saya tegaskan itu tidak mungkin," tuturnya.

Terpisah, Sekretaris DPD PAN Kabupaten Cirebon, Mawa Bagja menegaskan pihaknya tegak lurus dengan keputusan partai. Yakni mendukung Prabowo Subianto di pemilihan presiden 2024 nanti.

Menurutnya, dukungan ketua DPD PAN, Heru Subagia terhadap Ganjar Pranowo, bukanlah sikap politik PAN Kabupaten Cirebon. "Itu dukungan pribadi. Bukan atas nama partai. Sejauh ini, PAN tegak lurus mengikuti intruksi partai. Mendukung Prabowo. Kalaupun dukungan ke Ganjar Pranowo, itu dukungan pribadi," pungkasnya. (zen)

Sumber: