Praktis Belanja Pakaian, Makanan Bayar di Restoran, Mayoritas Anak Muda Terjaring PayLater, Ini Datanya

Praktis Belanja Pakaian, Makanan Bayar di Restoran,  Mayoritas Anak Muda Terjaring PayLater, Ini Datanya

Ilustrasi belanja online. Photo : Livemint --

RAKYATCIREBON.ID-Pinjaman online dan PayLater makin banyak diminati anak muda. Data ResearchandMarkets.com melaporkan fenomena pinjaman online (pinjol) atau Buy Now Pay Later (BNPL) di Amerika Serikat (AS) yang menunjukkan ada 51,6% pembayaran tahunan menggunakan pay later atau setara US$2.133 juta pada 2023 lalu.

Anak muda jadi konsumen terbanyak yang menggunakan pay later di negara tersebut. Dalam laporan PYMNTS, Anak muda menggunakan BNPL mencapai rata-rata US$1.692 (Rp 25,94 juta) lebih tinggi dibandingkan masyarakat yang lebih tua berjumlah US$1.006 (Rp 15,42 juta).

BNPL digunakan para anak muda untuk membeli barang yang praktis dan kecil. Salah satunya adalah pakaian yang mencapai 39%, berikutnya adalah membeli bahan makanan dan membayar di restoran.

Berbeda dengan anak muda, generasi baby boomer dan lansia menggunakan pay late untuk barang dengan nilai besar. Misalnya untuk membeli furniture.

Pay Later juga jauh lebih populer untuk BNPL dibandingkan kartu kredit. Jumlah transaksinya mencapai 1.851 (Rp 28,58 juta), dibandingkan kartu kredit yang sebesar US$ 1.485 (Rp 22,76 juta).

Banyak anak muda Inggris juga kerap menggunakan BNPL. Laporan Money Expert mengungkapkan pembeliannya untuk bahan makanan, pakaian, membayar tagihan.

Sementara itu per Juli 2023, BNPL menjadi pembayaran paling populer di Inggris. Fintech Finance News menyatakan jumlahnya mencapai 17 juta pengguna.

Data pinjol di Indonesia

Untuk di Indonesia, jumlah outstanding amount atau jumlah utang belum dibayarkan dari BNPL mencapai Rp 25,16 triliun per semester I-2023. Sedangkan total outstanding, termasuk kredit macet atau non-performing loan (NPL) sebesar Rp 2,15 triliun yang berasal dari 13 juta pengguna BNPL atau lebih dari dua kali lipat dari pengguna kartu kredit yang hanya 6 juta pengguna.

Laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan NPL untuk BNPL per April 2023 mencapai 9,7%. Angka tersebut jauh di batas aman yakni 5%.

Hampir setengah pengguna BNPL adalah usia muda. Dilaporkan usia 20-30 tahun menyumbang 47,78%. (*)

Sumber: