Gelisan Jangkau SMPN 2 Kota Cirebon, DMI Bersyukur Makin Banyak Pelajar Termotivasi Belajar Al-Quran

Gelisan Jangkau SMPN 2 Kota Cirebon, DMI Bersyukur Makin Banyak Pelajar Termotivasi Belajar Al-Quran

LITERASI AL-QURAN. Gelisan yang diusung PD DMI Kota Cirebon dan Dinas Pendidikan Kota Cirebon terus bergulir. Kamis (21/3/2024), Gelisan digelar di SMPN 2 Kota Cirebon. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Gerakan Menulis Al-Quran (Gelisan) yang diusung Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kota Cirebon bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Cirebon terus bergulir.

Gelisan sudah menjangkau enam titik di Kota Cirebon. Di antaranya SMPN 1 pada Selasa (19/3/2024), kemudian SMPN 18 dan SMPN 15 pada Rabu (20/3/2024). 

Sedangkan di hari Kamis (21/3/2024) Gelisan digelar di SMPN 10 dan SMPN 2. Gelisan disambut antusias pihak sekolah dan pelajar. Mereka mengikuti kegiatan tersebut dengan hikmat.

Kepala SMPN 2 Kota Cirebon, Sumiyati SPd MSi mengaku senang sekolahnya disambangi Gelisan. Apalagi, programnya bergulir di bulan ramadhan yang berbarengan dengan program pesantren kilat sekolah.

"Kegiatan ini sangat bagus sekali di samping anak-anak memahami tentang Al-Quran tidak hanya cara menulis dan membacanya juga memahami maknanya," kata Sumiyati.

Dijelaskan Sumiyati, Gelisan di SMPN 2 Kota Cirebon diikuti oleh pelajar kelas VIII. Mereka diberi materi bimbingan mental dan bimbingan menulis mushaf Al-Quran surat Al-Fatihah. 

Ketua DMI Kota Cirebon, Didi Sunardi SE mengatakan, Gelisan dirancang sebagai program unggulan DMI dalam membrantas buta huruf hijaiyah yang merupakan huruf Al-Quran. 

Didi berharap, dengan Gelisan minat pelajar di Kota Cirebon dalam mengkaji Al-Quran makin bertambah. Apalagi di bulan ramadhan. Sembari berpuasa mereka juga didorong untuk giat mengkaji Al-Quran.

"Ini salah satu upaya dari DMI Kota Cirebon untuk membantu Dinas Pendidikan Kota Cirebon memberantas buta huruf Al-Quran khususnya di kalangan siswa-siswi di Kota Cirebon," jelasnya.

Sementara itu, Founder Lumbung Indonesia sekaligus Pembina DMI Kota Cirebon, Hj Liena Mulyadi didampingi Ketua Bidang Pendidikan, Iptek dan Kebudayaan DMI Kota Cirebon, Hendri Gunawan mengucap rasa syukurnya.

Menurut wanita yang belum lama mualaf ini ini, Gelisan menjadi wadah bersama dalam syiar Islam melalui literasi baca tulis Al-Quran. Tujuannya menebar kebaikan kepada sesama muslim.

"Saya sangat bersyukur, saya bersama DMI dapat melakukan kegiatan ini dengan mengedepankan sisi sosialnya untuk segala kebaikan masyarakat di kota kabupaten seluruh Indonesia," kata dia. (wan)

 

Sumber: