Konflik Timur Tengah Pengaruhi Naiknya Harga Emas di PBK, Trader Disarankan 'Sell'

Konflik Timur Tengah Pengaruhi Naiknya Harga Emas di PBK, Trader Disarankan 'Sell'

HARGA Emas. Selama konflik Timur Tengah belum mereda, maka emas akan terus menemukan titik tertingginya. Namun demikian, berdasarkan berita yang ada akhir-akhir ini, dikatakan bahwa para pelaku pasar mulai merasakan ketegangan mulai mereda. FOTO : IST/RA--

CIREBON - Emas dikenal sebagai salah satu aset safe heaven yang diminati oleh para pelaku pasar dunia. Sehingga naik turunnya harga emas dunia dipengaruhi oleh faktor yang terjadi secara global.

Pada pertengahan Februari 2024 sampai dengan pertengahan Maret 2024, harga emas mengalami kenaikkan disebabkan oleh kondisi ekonomi Amerika yang jauh di bawah ekspektasi Bank Sentral Amerika atau FED. 

Kala itu, harga emas dunia naik dari kisaran $1980/toz ke area $2200/toz. Lalu pada pertengahan bulan Maret 2024, terjadi konflik di Timur Tengah antara Israel dgn Iran. 

Hal ini membuat harga emas Kembali melonjak hingga tembus ketitik tertingginya sepanjang masa. Emas mulai naik dari level $2200/toz hingga ke harga $2431/toz sebagai titik tertingginya.

Kepala Cabang PT. Equityworld Futures (EWF) Cirebon, Ernest Firman mengatakan, situasi memanasnya geopolitik global jadi sorotan pelaku perdagangan berjangka komoditi (PBK).

"Dalam kacamata perdagangan emas dunia, saat terjadi gejolak geopolitik semacam ini adalah hal yang lumrah bila para pelaku pasar mengamankan asset mereka kedalam bentuk perdagangan emas yang memang telah terbukti menjadi asset save heaven selama sejarah perdagangan emas ada," katanya. 

Dijelaskan Ernest, selama konflik Timur Tengah belum mereda, maka emas akan terus menemukan titik tertingginya. Namun demikian, berdasarkan berita yang ada akhir-akhir ini, dikatakan bahwa para pelaku pasar mulai merasakan ketegangan mulai mereda. 

"Oleh karena itu, harga emas turun dari titik tertinggi $2431/toz, hingga hari ini berada dikisaran $2315/toz," katanya.

Bagi para pelaku pasar, kondisi ekonomi terlebih di Amerika, maupun keadaan geopolitik yang sedang hangat terjadi dapat dimanfaatkan untuk menjadi faktor penggerak harga emas. 

Oleh karena itu, semua kondisi yang terjadi dapat menjadi sebuah kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Hanya tinggal kejelian pelaku pasar utk dapat masuk pasar dengan timing yang tepat.

Guna membantu para investor atau para pelaku pasar untuk dapat berdagang emas dunia dengan baik, maka analis-analisis yang ada di perusahaan pialang seperti PT. EWF Cirebon. 

Guna membantu para investor atau para pelaku pasar untuk dapat berdagang emas dunia dengan baik, maka para analis yang ada di perusahaan pialang seperti PT. EWF Cirebon siap membantu memberikan informasi seputar kondisi global dan pengaruhnya terhadap perdagangan berjangka khususnya emas.

Namun demikian, sama seperti bisnis perdagangan umumnya, bisnis perdagangan berjangka juga memiliki faktor resiko yang dapat diatur sendiri oleh para pelaku pasar.

"Kami analis di PT. EWF Cirebon akan senantiasa mendampingi para nasabah dalam melakukan transaksi. Terutama saat ini dimana momentum perekonomian Amerika dan kondisi geopolitik di Timur Tengah sedang menjadi sorotan utama," katanya.

Sumber: