Kabupaten Cirebon Juara Umum Popwilda 2024

Kabupaten Cirebon Juara Umum Popwilda 2024

MEDALI. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin foto bersama Ketua KONI Kabupaten Cirebon atlet, pelatih, dan official pencak silat Popwilda, di Student Center Universitas Kuningan, Jumat (3/5).-FOTO: IIM ABDURAHIM/RAKYAT CIREBON-

RAKYATCIREBON.DISWAY.ID, CIREBON - Dengan catatan 11 medali emas, 5 medali perak, dan 8 medali perunggu, kontingen Kabupaten Cirebon memastikan meraih gelar juara umum pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) Wilayah III Jawa Barat Tahun 2024 di Kabupaten Kuningan.

Cabang olahraga (cabor) dari Kabupaten Cirebon yang berhasil membawa medali ialah pencak silat yang meraih 11 emas, 5 perak, dan 4 perunggu, bola basket putra 1 perunggu, tenis meja 2 perunggu beregu putra dan putri, serta cabor bulutangkis 1 perunggu beregu putri.

Tuan rumah Kabupaten Kuningan gagal mencapai target juara umum karena hanya meraih 5 emas, 8 perak, 13 perunggu dan hanya menempati peringkat keempat klasemen akhir.

Posisi Runner up ditempati kontingen Kota Cirebon dengan catatan 9 emas, 8 perak, dan 11 perunggu. Posisi ketiga diraih Kabupaten Sumedang dengan 5 emas, 9 perak, dan 12 perunggu.

Kepala Dispora Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin mengucapkan terima kasih ke kontingen khusunya pencak silat yang berhasil menjadi juara umum cabor dan mendongkrak kontingen Kabupaten Cirebon ke posisi teratas.

Ikin juga menitipkan atlet pelajar tersebut kepada ketua KONI Kabupaten Cirebon, agar yang masih sekolah dibantu sekolahnya dan yang tidak melanjutkan pendidikan dibantu pekerjaannya.

"Kami bersama KONI akan berupaya menghadap ke bupati untuk meminta dibangun padepokan pencak silat," ujar Ikin.

Kadispora menambahkan, awalnya pencak silat ditarget 8 emas malah melampaui menjadi 11 emas. Menurutnya, pembinaan jangan berhenti, karena masih ada Popda 2025 dan event lainnya.

"Terus berlatih, ikuti saran pelatih dan manajer. Jangan lupa juga minta doa dan restu ke orang tua. Tantangan di depan masih sangat berat, terima kasih sudah membawa nama baik orang tua, sekolah, dan Kabupaten Cirebon," pungkas Ikin.

Hal senada disampaikan Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Olahraga, Sukawi. Bahkan dia berharap prestasi para pesilat di Popwilda bisa dipertahankan di Popda Jabar tahun depan.

Tidak hanya kepada yang meraih medali, Sukawi juga mengucapkan terima kasih kepada atlet yang sudah berlaga meski tidak meraih medali. Dia berharap atlet terus berlatih untuk terus meningkatkan kemampuan.

"Masa depan mereka masih panjang, dan insya Allah di event-event berikutnya masih ada kesempatan dan ada rejekinya," pungkas Sukawi.

Sementara Ketua KONI Kabupaten Cirebon, Sutardi Raharja menegaskan  perjuangan para atlet akan terus berlanjut, dan bukan hanya tingkat pelajar karena ada kesempatan di level senior memperkuat Kabupaten Cirebon di ajang Porda.

"Selanjutnya tugas KONI untuk membina para atlet ini menghadapi event antardaerah. Mereka adalah cikal bakal masa depan prestasi Kabupaten Cirebon, yang  salah satunya diasah dari event Popwil ini," terang Sutardi.

Sutardi meminta para atlet tidak pernah berhenti berjuang apalagi sampai menyerah. Jika sudah menjadi atlet yang menjadi naungan KONI, maka KONI akan memperhatikan para atlet tersebut

"KONI juga akan bekerja sama dengan Pemkab, dan akan berupaya untuk membantu atlet bekerja..Itu komitmen kepengurusan kami," tandas Sutardi. (iim)

Sumber: