Daftar ke Demokrat, Heri Sugiandi : Kembali ke Rumah Sendiri

Daftar ke Demokrat, Heri Sugiandi : Kembali ke Rumah Sendiri

DAFTAR. Heri Sugiandi (baju putih) ikut mendaftar Cawabup Cirebon ke DPC Demokrat Kab. Cirebon, Minggu 12 Mei 2024. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Salah satu pengusaha di Kabupaten Cirebon, ikut mendaftar menjadi Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Cirebon ke Partai Demokrat. Ia adalah Heri Sugiandi ST MBA, mantan pengurus DPC Demokrat.

Berkas pendaftarannya, diserahkan langsung kepada panitia penjaringan, di Kantor Sekretariat DPC Demokrat Kabupaten Cirebon Jalan Pangeran Antasari No 2 Kelurahan Kenanga Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.

Ia datang didampingi istrinya Dwi Harini SE MM serta rombongan Minggu 12 Mei 2024 dan disambut langsung ketua Penjaringan Bacabup-Bacawabup Cirebon, DPC Demokrat Kabupaten Cirebon, Heriyanto ST.

Usai menyerahkan berkas pendaftaran, Heri Sugiandi mengaku terpanggil, untuk kembali. Meski sempat berkelana ke partai lain, tapi dalam politik Demokrat kata dia, merupakan rumahnya sendiri. Ibunya, Hj Suyatmi Alwita SH menjadi salah satu perintis Demokrat Kabupaten Cirebon.

"Disini, kami bukanlah orang lain. Rasa kekeluargaannya sudah terbangun. Hubungan saya di demokrat cukup dekat. Saya juga dulu masuk struktural sebagai Wakil Ketua," katanya.

Ia mendaftar ke Demokrat bukan sebagai calon bupati. Posisi Wakil Bupati lah yang dipilihnya. Diakui Demokrat, menjadi pelabuhan yang cocok untuk dirinya bisa berkontribusi membangun daerah.

Ada alasan mengapa dirinya merasa terpanggil untuk terlibat dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Cirebon. Menurutnya harus ada perubahan. Cirebon haruslah dipimpin anak-anak muda.

Kapan lagi anak muda bisa tampil. Hadirnya Gibran sebagai Wakil Presiden, itu menjadi daya gebrak tersendiri, memicu anak-anak muda untuk berani tampil,” ujarnya.

Ia berharap, kehadiran calon-calon muda nantinya bisa menjadi pilihan alternatif yang positif. Sejauh ini, kandidat Cabup-Cawabup yang sudah terlihat, dari kalangan sepuh. Para pemain lama, yang kiprahnya sudah diukur.

“Oleh karena itu, anak-anak muda ini perlu disupport. Mereka juga tidak terbebani dosa masa lalu,” katanya.

Heri mengaku siap menerima apapun keputusan Demokrat. “Saya siap, Sami'na wa Atha'na dengan keputusan partai. Komitmen saya, siap all out memenangkan Pilkada 2024 nanti,” katanya.

"Targetnya membuat sejarah baru, mempunyai wakil bupati di Kabupaten Cirebon. Kalau kota kan sudah ada sejarahnya. Kita ciptakan di Kabupaten Cirebon," lanjutnya.

Ketua Penjaringan Calon Bupati-Wakil Bupati Cirebon DPC Demokrat Kabupaten Cirebon, Heriyanto ST melalui anggotanya, Tochid menjelaskan partainya ingin menjaring figur terbaik sebanyak-banyaknya. Pendaftaran sesi pertama sebetulnya sudah dibuka sejak 4-14 April lalu.

Kemudian pendaftaran sesi kedua, akan berakhir pada 30 Mei mendatang. Sejauh ini sudah ada tiga yang dinyatakan positif menjadi calon calon dari Demokrat. Ketiganya, pertama mantan birokrat Kabupaten Cirebon, Drs H Asdullah MM, kemudian mantan Kuwu, H Kholid, dan pengusaha Heri Sugiandi ST MBA.

"Ada satu lagi tapi belum dinyatakan resmi mendaftar, karena formulir pendaftarannya belum diserahkan. Beliau adalah Kang Suharso," katanya.

Panitia kata dia tidak membatasi jumlah pendaftar. Dipersilakan sebanyak-banyaknya. Baik dari kalangan pihak internal, maupun pihak eksternal. Karena nantinya setelah pendaftaran ditutup, akan dilakukan tahap lanjutan. Yakni uji kelayakan dan kepatutan oleh DPD Jawa Barat.

Kendati demikian, kata dia DPC memiliki peran signifikan, untuk bisa mempertahankan kandidat mana yang harus diprioritaskan. Nantinya, DPD akan meminta masukan kepada DPC, sosok mana yang paling layak untuk mendapatkan rekomendasi. (zen)

Sumber: