Respon KMB, Golkar-Demokrat Sepakat Jadi Motor Koalisi Baru

Respon KMB, Golkar-Demokrat Sepakat Jadi Motor Koalisi Baru

Golkar dan Demokrat bertemu, Minggu (02/06). Komunikasi keduanya mengerucut untuk membangun poros koalisi baru. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

*** Golkar Bakal Ajak PAN, PPP, PKB hingga PDIP, Demokrat Akan Ajak PKS

 

CIREBON - Partai Golkar Kota Cirebon terus bergerak membuka komunikasi politik dengan parpol-parpol lain.

 

Akhir pekan lalu, Golkar bertemu dan menjalin komunikasi dengan dua parpol, pertama, Golkar disambangi PDI Perjuangan di kantornya, Kamis (30/05) lalu, dan kedua, setelah ditinggal Gerindra yang berkoalisi dengan NasDem, Golkar bertamu ke kantor DPC Partai Demokrat, Minggu (02/06) kemarin.

 

Pada pertemuan dengan Demokrat kemarin, obrolan kedua parpol mulai mengerucut, bahkan, keduanya digadang-gadang bakal menjadi motor koalisi baru, setelah Koalisi Maju Bersama (KMB) mendeklarasikan diri.

 

BACA JUGA:BKPRMI Ajak Pemuda dan Remaja Kembali ke Masjid

 

Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Andrie Sulistio terang-terangan, pihaknya datang langsung ke markas Demokrat, untuk mengajak berkoalisi menghadapi dan memenangkan Pilkada Kota Cirebon.

 

"Kami mengajak Partai Demokrat untuk bersama-sama membangun koalisi, untuk memenangkan Pilkada," ungkap Andrie.

 

BACA JUGA:Antisipasi Sawah Kering, BBWS Cimancis Siagakan Drone dan Mesin Percik Air

 

Pada pertemuan kemarin, Golkar dan Demokrat juga sudah sepakat, untuk menjadi motor koalisi, dan akan bertemu dengan beberapa parpol lain.

 

"Kita akan bertemu dengan partai lain, terutama partai Koalisi Indonesia Maju, hari ini, mungkin hanya dengan PAN, karena Gerindra sudah bersama NasDem. Kita akan undang PAN, nanti juga kita akan komunikasi dengan parpol lain yang sudah komunikasi dengan Golkar," ujar Andrie.

 

Disoal, apakah pertemuan ini akan menjadi cikal bakal poros koalisi besar, Andrie pun tidak menampik akan hal tersebut.

 

"Masih dinamis, namun arahnya kesana. Dalam waktu dekat, Insya Allah dalam minggu ini, yang jelas dengan PAN, kemudian kita akan komunikasi dengan Hanura, PKB, PKS, PPP juga PDIP," imbuh Andrie.

 

BACA JUGA:NasDem-Gerindra Resmi Berkoalisi, Jadi Poros Koalisi Pertama di Pilkada Kota Cirebon

 

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cirebon, Dian Novitasari mengatakan, Golkar dan Demokrat bersepakat untuk bersama-sama membangun sebuah rumah koalisi, dengan akan membuka komunikasi dengan benerapa parpol lain.

 

Keduanya pun satu pemahaman dalam membentuk poros koalisi, dimana saat ini, yang harus dikuatkan adalah komunikasi, untuk membentuk perahu terlebih dahulu, tanpa membicarakan sosok dari masing-masing parpol yang sudah mulai banyak dibicarakan.

 

Seperti diketahui, sosok saat ini yang muncul dari kedua parpol, adalah Effendi Edo dan Heri Hermawan yang sudah mendapatkan penugasan dari DPP Partai Golkar, serta M Handarujati Kalamullah, yang juga memiliki kans kuat didorong oleh Partai Demokrat.

 

BACA JUGA:Ahmad Fadhil Bagi Inspirasi Mahasiswa Berprestasi dari UIN Siber Cirebon

 

"Kita sepakat, saat ini kita bangun koalisinya dulu, dalam waktu dekat kita akan buka komunikasi dengan beberapa parpol, setelah terbangun, baru kita cari sosoknya," kata Novi.

 

Ditempat yang sama, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Barat, M Handarujati Kalamullah mengatakan, peta koalisi di Jawa Barat menjelang Pilkada dan Pilgub, Golkar dan Demokrat memang memiliki catatan kuat, dimana keduanya berkoalisi di beberapa daerah.

 

"Sampai saat ini, koalisi Demokrat dan Golkar sudah bersama di 11 daerah, sehingga jika di Kota Cirebon terbentuk, maka akan menjadi daerah ke 12," imbuh Andru. (sep)

Sumber: