KONI Targetkan Raih 26 Medali Emas Di Porprov Jabar

KONI Targetkan Raih 26 Medali Emas Di Porprov Jabar

SIMBOLIS. Pemukulan gong oleh Pj Bupati Cirebon tanda dibukanya tes parameter yang dilaksanakan KONI. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cirebon menargetkan bisa mendongkrak prestasi. Bisa mengumpulkan 26 medali emas di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov ) Jawa Barat (Jabar) 2025 nanti.

Target prestisius itu, dimulai dengan berbagai persiapan. Sebanyak 637 atlet muda disiapkan. Mereka diikutsertakan mengikuti serangkaian tes parameter yang diselenggarakan di GOR Ranggajati, Kamis 13 Juni 2024.

"Target kita masuk 15 besar dengan perolehan sekitar 25 hingga 26 medali emas," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cirebon, Sutardi Raharja.

"Pada hari pertama tes parameter, diikuti sebanyak 350 atlet dari berbagai cabang olahraga turut serta," lanjutnya.

Menurut Sutardi, 99 persen cabang olahraga dibawah naungan KONI Kabupaten Cirebon mengikuti tes parameter. Hanya ada beberapa saja yang absen, salah satunya cabang dayung.

“Kami harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Tanpa proses yang baik, hasil yang baik tidak akan tercapai,” ujar Sutardi.

Ia optimis bahwa Kabupaten Cirebon akan bangkit dan mencapai prestasi sesuai dengan moto Kabupaten Cirebon Juara. "Meskipun dengan anggaran yang minim, KONI Kabupaten Cirebon tetap bertekad untuk memaksimalkan segala sumber daya yang ada," ujar Sutardi.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap atlet berprestasi, Pemda Kabupaten Cirebon melalui KONI akan memberikan honor sebesar Rp 500 ribu rupiah setiap bulan kepada 30 atlet mulai bulan Juli. Selain itu, 88 pelatih akan mendapatkan honor sebesar Rp 400 ribu rupiah per bulan.

"Rencananya, pada tahun depan, atlet yang meraih medali emas akan mendapatkan honor sebesar 1 juta rupiah per bulan selama satu tahun," ungkapnya.

Sutardi juga menekankan pentingnya kerjasama dengan pemerintah untuk memfasilitasi atlet-atlet berprestasi. "Target utama Kabupaten Cirebon adalah meningkatkan peringkat dari posisi 22 ke 15 besar di Porprov mendatang," terangnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Cirebon, Drs H Wahyu Mijaya SH MSi, yang dalam kesempatan itu turut hadir, memberikan dukungan penuh terhadap para atlet. Tes parameter ini kata dia, adalah bentuk persiapan untuk Porprov 2025.

"Kami berharap para atlet muda bisa mengikuti proses ini dengan baik agar bisa membawa Kabupaten Cirebon menjadi juara,” katanya.

Tak hanya namun para atlet juga diharapkan dapat mengharumkan nama Cirebon di kancah nasional bahkan internasional. Adapun berkaitan dengan minimnya anggaran yang diterima KONI, Wahyu berjanji akan melakukan evaluasi.

"Kami akan memastikan kebutuhan anggaran tahun 2025 dan 2026 dapat terpenuhi. Mudah-mudahan Pemda bisa memberikan yang lebih baik," pungkasnya. (zen)

Sumber: