Zico Soree, Pemain Keturunan Indonesia Yang Terlupakan

Zico Soree, Pemain Keturunan Indonesia Yang Terlupakan

Zico Soree, Pemain Keturunan Indonesia Yang Terlupakan --Screnshoot (IG:PSSI)/Rakcer.disway.id

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Zico Soree merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Belanda. Ia sempat mengikuti pemusatan latihan (TC) sekaligus seleksi Timnas Indonesia U-20 di Eropa.

Zico Soree berposisi sebagai penyerang tengah, memiliki postur tubuh menjulang hingga 1,8 meter, dan cukup andal ketika duel udara menghadapi pemain Eropa.

Namun entah mengapa, Zico Soree tidak masuk dalam kriteria calon Shin Tae-yong, meski Timnas Indonesia U-20 membutuhkan striker.

Profil

Zico Soree, lahir di Zwolle Belanda pada bulan Januari tahun 2003. Striker dengan tinggi badan 1,8 meter Zico sempat bermain untuk Be Quick '28 (-2018) dan PEC Zwolle (2018-2022)

Selain Striker, Zico juga pernah bermain sebagai sayap kanan dan sayap kiri. Namun, dirinya lebih sering bermain dan diamkan pada posisi striker di 31 pertandingan (11/GA) menurut transfermarkert

Keturunan 

Zico sendiri sempat mengatakan jika dirinya mempunyai darah Indonesia dari neneknya (pihak dari ayahnya) yang lahir di Mojokerto,Jawa Timur.

Saat ini

Saat ini, Zico bermain untuk klub asal Belanda, Williem 11 U-21 di O21 Div 2 spring l. Musim ini. Pemain yang saat ini berusia 21 tahun tersebut telah memainkan 6 laga dan berhasil mencetak 2 gol.

Sementara itu selama karirnya di Belanda, Zico telah bermain 47 pertandingan (rata-rata 72 menit di setiap pertandingan) dengan torehan 16 gol dan 2 assist.

Zico sempat mengikuti pemusatan Latihan di Spanyol (2022) bersama Struick, dikutip Transfermarkt dirinya sempat bermain saat Indonesia U-20 menghadapi Slovakia U-20 dan bermain selama 76 menit.

Zico Soree bermain bersama pemain keturunan Belanda lainnya, seperti Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick.

Nah, nasib Zico Soree tak sama dengan rekan-rekan keturunannya. 

Ia dicoret dari daftar pemain keturunan yang akan dinaturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2023.

Ada anggapan bahwa penampilan Zico Soree tak membuat Shin Tae-yong terkesan. Di sisi lain, ada pula anggapan bahwa PSSI membatasi para pemain keturunan yang akan dinaturalisasi.

Zico Soree nampaknya masih ingin membela Timnas Indonesia di masa-masa mendatang.

Sumber: