Ratusan Pemilik Warung dan Agen Pulsa Dibekali Strategi Sukses Jualan oleh Mitra Bukalapak

Ratusan Pemilik Warung dan Agen Pulsa Dibekali Strategi Sukses Jualan oleh Mitra Bukalapak

MENTORSHIP. Mitra Bukalapak menggelar Mitra Mentorship Program Batch 5, 24 Juni-3 Juli 2024. Program ini diikuti ratusan pemilik warung dan agen pulsa seluruh Indonesia. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

JAKARTA -  Mitra Bukalapak menggelar Mitra Mentorship Program Batch 5, 24 Juni-3 Juli 2024. Program ini diikuti ratusan pemilik warung dan agen pulsa seluruh Indonesia. 

Mitra Mentorship Program merupakan komitmen Mitra Bukalapak untuk menciptakan peluang baru dan membangun keberlanjutan bisnis usaha mikro di Indonesia terus berlanjut.

Dengan membawa misi pemberdayaan 'Dari Mitra untuk Mitra' platform online-to-offline (O2O) unggulan Bukalapak ini memberi pendampingan intensif bagi para peserta. 

Mereka saling belajar dan mengembangkan bisnis. Melalui forum daring di grup WhatsApp, program Mentorship kali ini menghadirkan tiga modul pembelajaran dalam lingkungan yang kolaboratif.

Di awal, pembelajaran berfokus pada cara mengenali peluang di balik penjualan produk virtual yang sedang naik daun, seperti pulsa, token listrik, top up digital, dan voucher games.

Penerimaan positif terhadap materi ini dibuktikan dengan antusiasme peserta yang meningkat, sehingga mereka saling membagikan strategi cross-selling untuk mengoptimalkan penjualan. Selanjutnya, mereka juga belajar terkait kiat membangun komunikasi pelanggan yang efektif.

Keseluruhan materi disampaikan oleh seorang pemilik kios pulsa asal Bekasi, Wahyu Prasetia, yang sukses membesarkan kios pulsanya jadi sentra produk virtual. 

Wahyu terpilih sebagai mentor berkat kepiawaiannya mengembangkan pola pikir bertumbuh sebagai pemilik usaha mikro, yang telah menginspirasi pemilik warung dan agen pulsa lainnya.

Semula, ia hanya mendirikan kios pulsa sebagai usaha sampingan sambil bekerja kantoran. 

Namun, keterbatasan jumlah pelanggan yang datang justru memantik minat Wahyu untuk bergabung dengan Mitra Bukalapak pada tahun 2021. 

Wahyu kemudian berhasil menyulap kios pulsanya dengan menjual beragam jenis produk virtual dan layanan finansial, seperti pulsa, paket data, transfer uang, hingga voucher game. 

Ia juga berupaya menjaga loyalitas pelanggan lewat kemampuannya mempromosikan produk dan mempersuasi pelanggan.

Menurut Wahyu, keterampilan ini tidak lepas dari peran Komunitas Juwara, yang membantunya menemukan produk digital dan keuangan yang tepat bagi pelanggan melalui riset pasar sederhana.

"Komunitas Juwara juga membantu saya memahami lebih banyak hal terkait strategi penjualan dan komunikasi pelanggan. Setiap produk pasti menemukan pembelinya. Di sini karena banyak kuli bangunan, Kirim Uang jadi fitur yang cukup diminati," jelas Wahyu. 

Sumber: