Anjangsana Pesantren dan Bakti Sosial Meriahkan Hari Bhakti Adhyaksa

Anjangsana Pesantren dan Bakti Sosial Meriahkan Hari Bhakti Adhyaksa

SIMBOLIS. Kajari Kabupaten Cirebon (tengah) saat menyerahkan bingkisan kepada pihak pesantren dalam rangka peringatan Hari Adhyaksa. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Momentum peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 dan HUT Ikatan Adhyaksa Darmakarini ke-24 dimanfaatkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon untuk mendekatkan diri kepada masyarakat melalui serangkaian kegiatan sosial yang melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Kegiatan dimulai pada Rabu, 17 Juli 2024, dengan anjangsana ke sejumlah Purnaja (purnawirawan jaksa) di wilayah kerja Kejaksaan Kabupaten Cirebon. Kepala Kejari Kabupaten Cirebon, Dr Yudhi Kurniawan SH MH, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara institusi kejaksaan dengan para purnawirawan yang telah berjasa dalam penegakan hukum di masa lalu.

Pada hari berikutnya, Kamis, 18 Juli 2024, dilaksanakan kegiatan donor darah dan program Jaksa Bakti Pesantren di beberapa pondok pesantren. Rombongan Kejari mengunjungi Pondok Pesantren Manba'ul Falah, Al Jauhariyah, Al Masyrifah, Khas Kempek 1 (Putra), dan Khas Kempek 2 (Putri).

Di sana, rombongan disambut oleh para kyai dan santri dengan doa agar kejaksaan selalu diberi kebijakan, kekuatan, dan keberkahan dalam menjalankan tugasnya.

"Silaturahmi ini adalah sarana untuk mempererat hubungan dengan para kyai, santri, dan pengurus pondok. Serta seluruh komponen masyarakat pesantren," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat mengingatkan para santri untuk menjauhi perbuatan yang dilarang baik menurut hukum agama maupun hukum negara.

Selain itu, Kejari Kabupaten Cirebon juga menggelar gerakan pangan murah bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Cirebon. Acara ini berlangsung di Balai Desa Gumulunglebak, Kecamatan Greged, dengan tujuan memperkuat ketahanan pangan di daerah tersebut.

"Kami berharap perayaan Hari Bhakti Adhyaksa dan HUT Ikatan Adhyaksa Darmakarini tahun ini tidak hanya menjadi momen untuk memperingati, tetapi juga sebagai kesempatan untuk berkontribusi nyata bagi masyarakat sekitar, khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon," pungkasnya.

Perayaan ini menunjukkan komitmen Kejari Kabupaten Cirebon untuk terus mendekatkan diri kepada masyarakat dan berperan aktif dalam kegiatan sosial yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat luas. (zen)

Sumber: hari adhyaksa