5 Cara Menentukan Meal Plan Mingguan

5 Cara Menentukan Meal Plan Mingguan

5 Cara Menentukan Meal Plan Mingguan-FOTO:PINTEREST-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Membuat daftar rencana makan sangat bermanfaat untuk menjaga nutrisi dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Tentu saja perencanaan pangan dapat dilakukan berdasarkan kebutuhan dalam jangka waktu tertentu.

Jika Anda ingin membuat rencana makan untuk keluarga Anda, tabel perencanaan makan mingguan dapat menjadi alat yang berguna untuk mengontrol konsumsi makanan sehat. Bagaimana cara membuat rencana makan mingguan? Tahapannya dirinci di sini, seperti dilansir Healthline.

1. Luangkan Waktu untuk Merencanakan

Langkah pertama adalah menyisihkan waktu setiap minggu untuk merencanakan makanan Anda untuk minggu mendatang. Buatlah daftar kebutuhan makanan mingguan Anda, mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan.

Pertimbangkan jenis makanan yang akan Anda santap, apakah Anda ingin menyantap makanan cepat saji atau menyiapkannya jauh-jauh hari.

Jika Anda memutuskan untuk memasak, pastikan untuk menyertakan daftar komponen kuliner seperti bumbu, saus, hiasan, dan item lainnya.

2. Periksa Stok Bahan Makanan

Periksa dapur, lemari es, dan freezer untuk melihat makanan apa yang masih tersedia sebelum melakukan perjalanan belanja. Dengan begitu, akan mudah untuk memilih stok atau bahan makanan mana yang akan digunakan terlebih dahulu.

Selain itu, verifikasi tanggal kadaluwarsa setiap makanan di dalam kotak. Periksa juga keadaan makanan yang masih bisa dimakan agar bisa dijadikan resep yang enak.

3. Pilih Makanan Bergizi

Tahap kedua dalam menyusun rencana makan adalah memprioritaskan penggunaan produk makanan bergizi seperti daging, ikan, dan telur yang tinggi protein. Hal ini juga berkaitan dengan pemilihan beras, seperti apakah akan memilih beras merah, beras hitam, beras basmati, atau varietas lainnya. 

Untuk memasukkan sayuran ke dalam makanan, pilih makanan utama yang tinggi serat, multivitamin, asam folat, dan nutrisi lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan daftar buah-buahan dalam tabel perencanaan makan Anda untuk varian snack atau salad.

4. Buat Meal Prep

Meal prep adalah proses menyiapkan komponen makanan dalam jumlah besar dalam jangka waktu tertentu. Tentu saja, menetapkan rencana makan mingguan akan membuat proses menyiapkan bekal makanan menjadi lebih mudah.

Anda bisa menyiapkan bahan makanan terlebih dahulu hingga dingin lalu memasaknya sesuai jadwal. Namun saat menyiapkan makanan, pastikan Anda memahami jenis makanan sehat yang aman dan cocok untuk disiapkan dalam waktu seminggu.

5. Tandai Makanan Favorit

Tidak semua orang menyukai jenis makanan bergizi yang sama. Oleh karena itu, pilihlah variasi makanan yang nikmat dan bergizi bagi tubuh Anda.

Memasak memungkinkan Anda bereksperimen dengan hidangan makanan baru. Pertimbangkan untuk membagi jenis-jenis makanan setiap hari, seperti Senin dengan protein, Selasa tanpa daging, dan sebagainya.

 

Sumber: