5 Buah yang Diandalkan Para Atlet Lari Karna Dapat Menjaga Stamina Tubuh

5 Buah yang Diandalkan Para Atlet Lari Karna Dapat Menjaga Stamina Tubuh

5 Buah yang Diandalkan Para Atlet Lari Karna Dapat Menjaga Stamina Tubuh-FOTO:PINTEREST-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Apakah Anda jogging sebagai hobi akhir-akhir ini? Berlari membutuhkan stamina yang konstan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Buah mungkin merupakan cara yang bagus untuk mempertahankan stamina latihan.

Buah mengandung nutrisi penting yang dapat meningkatkan kinerja, membantu pemulihan, dan mengurangi kram dan kelelahan otot. Melansir Lifestyle Asia, berikut 5 buah-buahan yang banyak dikonsumsi para atlet lari yang bisa Anda coba saat pertama kali berlari untuk membantu membangun stamina. 

1. Pisang

Pisang kaya akan potasium dan magnesium, serta mengandung energi paling tinggi. Pisang dapat membantu meredakan kram dan kelelahan. Pisang adalah camilan yang sangat baik untuk berolahraga dan memulihkan diri karena membantu mengisi kembali cadangan energi.

2. Chanberry

Cranberry kaya akan polifenol, zat alami dengan kemampuan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari risiko radikal bebas yang dihasilkan selama aktivitas fisik berat.

Cranberry telah terbukti meningkatkan kinerja olahraga dan perbaikan otot, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Nutrition pada tahun 2023. Penelitian tersebut melibatkan pemberian pil cranberry kepada atlet jarak jauh selama 28 hari.

3. Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan energi sebelum berolahraga. Kiwi juga mengandung potasium, yang baik setelah berolahraga. Buah ini juga mengandung kandungan antioksidan paling besar.

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2021, mengonsumsi kiwi setiap hari dapat meningkatkan aktivitas antioksidan. Hasilnya, buah ini dapat membantu menghindari stres oksidatif dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan dan kelelahan otot. 

4. Anggur 

Anggur mengandung banyak gula, yang baik untuk meningkatkan kinerja dan pemulihan. Anggur kaya akan polifenol, yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan selama berolahraga. Kandungan potasium dan air yang kuat pada anggur dapat membantu mengurangi kram.

5. Kurma

Kurma kaya akan serat, potasium, fosfor, dan magnesium. Pelari jarak jauh mendapat manfaat besar dari konsumsi kurma. Indeks glikemik yang tinggi dapat membantu Anda mempertahankan intensitas lari jarak jauh.

Inilah 5 buah yang boleh Anda konsumsi saat mulai lari jarak jauh untuk menjaga stamina.

 

Sumber: