Meriahkan Hari Jadi, Indocement Cirebon Gelar Sedekah Sampah

Meriahkan Hari Jadi, Indocement Cirebon Gelar Sedekah Sampah

SIMBOLIS. Perayaan HUT Indocement ke 49 dirayakan dengan berbagai kegiatan sosial. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Program sosial yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan diimplementasikan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) dalam rangka perayaan Ulang Tahun ke-49. Sebut saja, di Kompleks Pabrik Cirebon, salah satu kegiatan utamanya adalah Sedekah Sampah.

"Karyawan Indocement berpartisipasi aktif dalam pengumpulan dan pengelolaan sampah," kata Marlan O Damanik, General Manager Operation Plant Cirebon.

Selain itu, Indocement juga memberikan donasi, paket pendidikan, dan mengajak makan anak-anak yatim yang diasuh oleh berbagai lembaga pendidikan, panti asuhan, yayasan, dan desa mitra.

"Melalui program Indocement Ajar, kami berbagi ilmu dengan masyarakat. Beragam topik yang dibahas diunggah ke akun YouTube Santap Ilmu agar dapat diakses secara luas," tuturnya.

Sementara itu Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya menjelaskan rangkaian Harjad ke-49 ini dilaksanakan tidak hanya di Cirebon. Kompleks Pabrik yang lain pun menyelenggarakan kegiatan. 

Di Komplek Pabrik Citeureup program One Book One Employee. Yakni mengumpulkan buku-buku edukasi untuk disumbangkan kepada sekolah-sekolah di desa mitra.

Program voluntary teaching di SMK Tunggal Prakarsa dan turnamen sepak bola antara SSB mitra Indocement juga menjadi bagian dari upaya Indocement dalam mendukung pendidikan dan olahraga.

Di Kompleks Pabrik Tarjun, memberikan donasi dan paket pendidikan untuk anak-anak yatim di desa mitra, serta bantuan makanan tambahan untuk 1.000 murid sekolah dasar. Karyawan juga terlibat dalam kegiatan gotong royong untuk memperbaiki balai pertemuan warga di Dusun Simpang Tiga Quarry dan mengasuh anak-anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kotabaru.

Selain itu, edukasi tentang pembuatan kompos di SMAN 1 Kelumpang Selatan dan edukasi mangrove untuk 100 pelajar SMP dan SMA dari desa mitra juga dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen Indocement terhadap lingkungan.

Christian Kartawijaya, menjelaskan tema peringatan tahun ini adalah Growing for Stronger Greener Future. Menurutnya, kata Growing mencerminkan langkah besar yang diambil Indocement untuk memperkuat posisinya di industri semen nasional. Sementara Greener sejalan dengan komitmen keberlanjutan perusahaan.

"Kami berterima kasih kepada seluruh karyawan yang terus semangat berkarya. Mari kita lanjutkan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, serta menjaga sinergitas agar setiap kendala dapat diatasi dan setiap peluang dapat dimanfaatkan optimal," ujarnya.

Momentum istimewa ini ditandai dengan peresmian Arena 3 Roda di Kompleks Pabrik Citeureup, yang telah direnovasi untuk memenuhi standar fasilitas olahraga yang lebih baik. Pekan Olahraga dan Seni yang diikuti oleh seluruh karyawan di wilayah operasional juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun. (zen)

Sumber: