Perkuat Relasi Cirebon-Bandung, Dioperasikan Setiap Jumat dan Minggu

Perkuat Relasi Cirebon-Bandung, Dioperasikan Setiap Jumat dan Minggu

PT KAI Operasikan Kereta Api Tambahan Khusus Weekend

PT KAI Daop III Cirebon terus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Salahsatu bentuk kesigapan dalam bentuk pelayanan, PT KAI mengakomodir aspirasi pelanggan dengan menyiapkan kereta api tambahan menuju Bandung, khusus weekend. Pihak manajemen kereta api betul-betul mengakomodir permintaan masyarakat di Wilayah Cirebon dan sekitarnya yang ingin berakhir pekan di Bandung. PT KAI kembali menjalankan kereta api (KA) Ciremai Ekspres tambahan pada akhir pekan atau weekend.
\"Stasiun
Stasiun Kereta Api Kejaksan. Foto: Sudirman/Rakyat Cirebon

Manajer Humas PT KAI Daop III Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, KA Ciremai Ekspress tambahan pertama dioperasikan, Jumat (20/1). Menurutnya, KA tambahan selanjutnya beroperasi pada Minggu (22/1) mendatang.

Kris menjelaskan, penambahan kereta api merupakan salahsatu terobosan yang dilakukan PT KAI Daop III Cirebon dalam memenuhi dan mengakomodir permintaan masyarakat yang berada di Wilayah III Cirebon.

“Kita mengakomodir permintaan masyarakat Cirebon dan sekitarnya. KA tambahan ini khusus weekend,” ungkapnya.

KA Ciremai Ekspress tambahan itu, sambung Kris, beroperasi setiap hari Jumat dan Minggu. Dengan jadwal keberangkatan KA, yakni pukul 15.00 dari Cirebon dan 19.00 tiba di Bandung. Sedangkan, keberangkatan dari Bandung pukul 19.45 dan tiba di Cirebon pukul 23.50.

Kris menjelaskan, selain memperkuat relasi Bandung-Cirebon yang sebelumnya dilayani KA Harina (Bandung-Semarang-Surabaya) dan KA Ciremai Ekspress Reguler (Bandung-Cirebon-Semarang) ini juga menawarkan layanan kelas eksekutif dan binis AC dalam satu rangkaian dalam perjalanan dari Cirebon menuju Bandung maupun sebaliknya.

“Adanya KA tambahan ini salahsatu upaya kita dalam memperkuat relasi Bandung-Cirebon. Kita juga menawarkan layanan kelas eksekutif dan bisnis AC dalam satu rangkaian, baik itu perjalanan Cirebon menuju Bandung maupun sebaliknya,” jelasnya.

Sementara itu, untuk titik pemberhentian sementara KA Ciremai Ekspress ini, yakni Stasiun Jatibarang, Hargeulis, Cikampek, Purwakarta, dan Cimahi.

PT KAI akan memberlakukan tarif dengan Harga untuk kelas eksekutif sebesar Rp120 ribu, bisnis AC Rp80 ribu dan kelas ekonomi AC senilai Rp70 ribu.

“Formasi rangkaian KA Ciremai tambahan terdiri dari 1 kereta eksekutif, 2 kereta bisnis, 3 kereta ekonomi, 1 kereta makan dan 1 kereta pembangkit,” ungkapnya.

Dijelaskan Kris, jumlah tempat duduk sebanyak 418 terdiri dari 50 seat kelas eksekutif, 128 seat kelas bisnis dan 240 seat kelas ekonomi.

“KA Ciremai Ekspress ini diharapkan bisa memudahkan mobilitas masyarakat kota Bandung, Cirebon, dan sekitarnya pada saat akhir pekan,” ucapnya. (man)

Sumber: