Di Tengah Kemacetan, Aksi Spontan Bidan Ini Mendapat Banyak Pujian, Masyaallah Teteh...

Selasa 21-02-2023,11:25 WIB
Reporter : Asep Kurnia
Editor : Asep Kurnia

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Aksi perempuan yang mengenakan seragam perawat membuka jalan untuk ambulans di Mundu Cirebon, menjadi perbincangan.

Aksinya rela membuka jalan untuk ambulans yang terjebak macet, direkam dan diunggah oleh akun @puspa_pt dan mengundang reaksi netizen.
 
Warganet menjadi penasaran, siapa sebenarnya dewa penolong yang membuka jalan untuk ambulans di Mundu Cirebon yang berpakaian perawat itu.

Radarcirebon.com yang berhasil menghubungi perawat itu, mencoba untuk berbincang seputar aksinya tersebut.

Obrolan yang dilakukan lewat media sosial itu, sosok perawat tersebut diketahui bernama Nur Hikmatul Billiqoh (19).

Nur Hikmatul Billiqoh berstatus mahasiswi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU) Kampus 2 RS Ciremai TNI Angkatan Darat.

BACA JUGA: Lucky Hakim Mengadu ke Gubernur, Ridwan Kamil: InsyaAllah, Ada Jalan...

Kampus yang beralamat di Jalan Pangeran Drajat No 40 A, Kota Cirebon ini, Nur Hikmatul Billiqoh mengambil S1 prodi Kebidanan.

Calon bidan yang akrab dipanggil Loli ini, tengah melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Rumah Sakit (RS) Ciremai Kota Cirebon.

"PKL sebagai bidan, sudah berlangsung 2 minggu," kata Loli kepada radarcirebon.com, Senin 20 Februari 2023.

Mengenai aksinya membuka jalan untuk ambulans yang terjebak macet, Loli tidak berpikiran panjang untuk bertindak.

Saat itu, dilihatnya kendaraan lain tidak memiliki kesadaran untuk mengalah dan memberikan jalan bagi kondisi yang lebih darurat.

Dirinya kemudian spontan turun dari motor beat-nya dan langsung membuka jalan, supaya ambulans yang sedang membawa pasien itu bisa melaju di tengah jebakan kendaraan.

"Kejadian sekitar pukul 08.00 pas saya berangkat dinas," ucapnya.

Loli tidak menyadari, usaha untuk membuka jalan bagi ambulans, ternyata direkam dan diunggah di salah satu media sosial hingga viral.

Dirinya pun tidak tahu, siapa sosok yang mengunggah video tersebut dan mengundang reaksi pembaca.

"Saya tidak tahu siapa yang rekam dan tidak kenal juga siapa yang ada di dalam ambulans," kata gadis yang tinggal di Desa Kanci Wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon itu.

Perkenalan Loli dengan yang mengunggah video, akhirnya terjadi di kolom kementar akun IG @puspa_tp.

"Saya berkomentar dan dia DM saya, akhirnya jadi kenal," imbuhnya.

BACA JUGA: Alasan Pribadi, 10 Calon Haji asal Kuningan Batal Berangkat

Sewaktu kejadian, arus lalu lintas terlihat macet, menurut Loli, hal tersebut dikarenakan adanya perbaikan salah satu jembatan di Wilayah Kecamatan Mundu.

Dijelaskan Loli, pemandangan macet jadi lebih sering terjadi karena adanya perbaikan jembatan itu.

"Memang sudah biasa macet dari pagi hingga malam, apalagi menjelang Magrib, bisa macet total," keluhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi seorang perempuan tengah membantu ambulans yang terjebak macet di Mundu Kabupaten Cirebon, viral di media sosial.

Perempuan tersebut mengenakan setelan berwarna putih dengan jaket berwarna terang. Dia berjalan kaki di depan ambulans yang terjebak macet di jalan sekitar Mundu Kabupaten Cirebon.

Video aksi perempuan membantu ambulans lolos dari kemacetan ini diunggah pengguna Instagram dengan akun @puspa_tp.

Video tersebut diunggah dan mengundang banyak reaksi postif. Menurut sang perawat, kejadian pada hari Senin 20 Februari 2023, sekitar pukul 08.00 WIB.

Pemilik akun @puspa_tp menjelaskan dalam unggahannya bahwa momen itu terjadi saat hendak merujuk pasien ke rumah sakit di Kota Cirebon.

Namun, perjalanan menuju Kota Cirebon itu menemui kendala di sekitar Mundu Kabupaten Cirebon. Kondisi jalanan saat itu sedang macet parah.

“Masya Allah semoga kebaikan teteh ini dibalas Allah SWT,” demikian ditulis oleh akun @puspa_tp dalam keterangan unggahannya.

Pemilik akun @puspa_tp juga menjelaskan, bahwa dalam kondisi jalanan yang sedang macet parah, teteh berpakaian putih yang diduga perawat ini terjun langsung mengatur lalu lintas.

Setelah itu, ada beberapa orang juga yang turut membantu mengurai kemacetan agar ambulan bisa terus melaju mengantarkan pasien ke rumah sakit.

“Kejadian tadi pas mau ngerujuk ke arah kota cirebon posisi di mundu dan macet banget dan teteh ini yg turun bantu mengatur dan membuka jalan untuk ambulans yg sedang membawa pasien untuk dirujuk ke RS,” demikian dijelaskan oleh akun @puspa_tp.

“Terimakasih teteh dan org2 yg yg turut membuka jalan,” imbuhnya. (*)

Kategori :