CIMB Niaga Hadirkan Layanan Digital Inklusif untuk Semua Generasi, Tua Muda Sama-sama Dapat Nilai Tambah
JANGKAU SEMUA KALANGAN. Ibu muda asal Desa Buntet Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Lutfia merasakan manfaat hadirnya OCTO Mobile. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--
CIREBON - Senin pagi (4/8/2025) menjadi hari sibuk pertama di bulan kemerdekaan. Namun, laju motor Lutfia (30) mendatangi Kantor Cabang CIMB Niaga Cirebon tak terhenti meski harus berbagi aspal dengan padatnya kendaraan sesama pengguna Jalan Pantura.
Lutfia sampai di Kantor Cabang CIMB Niaga Cirebon pukul 07.59 WIB. Dia menjadi nasabah pertama yang mendapatkan layanan customer service. Kedatangannya untuk aktivasi tabungan baru serta layanan digital yang dikembangkan CIMB Niaga, OCTO Mobile.
Ibu muda asal Desa Buntet Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon itu telah menjadi nasabah CIMB Niaga sejak 2018. Namun baru hari itu dia aktivasi OCTO Mobile. Sebagai generasi milenial, bertransaksi tanpa ribet adalah kebutuhan. Mulai dari bayar tagihan listrik, beli paket data hingga kirim uang. Semua itu dia temukan pada OCTO Mobile.
"Yang pertama tentu aman ya karena ini bank besar. Kemudian layanannya lengkap. Jadi cukup pakai aplikasi bisa untuk banyak transaksi. Biasanya dipakai untuk transfer terus bayar-bayar," ujar Lutfia kepada Rakyat Cirebon saat ditemui di Kantor Cabang CIMB Niaga Cirebon, Senin (4/8/2025).
Menurut Lutfia, OCTO Mobile merupakan inovasi penting yang dikembangkan CIMB Niaga. Lewat layanan ini, dia yang saat ini berbisnis makanan ringan berbahan dasar bakso ikan jadi lebih mudah mengatur dan melacak lalu lintas keuangannya.
Lutfia memanfaatkan fitur QRIS. Terutama dalam membeli bahan baku atau menerima pesanan dari pelanggan. "Kalau belanja bahan baku di pasar biasanya kehabisan uang receh, jadi kalau pakai OCTO Mobile itu kita bisa bayar pas, nggak perlu kembalian," kata dia.
Manfaat OCTO Mobile tak hanya dirasakan Lutfia. Wartono (59) juga mendapatkan nilai tambah dari hadirnya layanan digital ini. Meski usianya yang tak lagi muda, pria asal Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan ini tak mau melewatkan kemudahan bertransaksi hanya dari smartphone.
Wartono juga belum lama melakukan aktivasi OCTO Mobile. Namun sudah tahu lebih awal manfaatnya dari pengalaman anaknya yang sudah lebih dulu menggunakan Super App berlogo gurita senyum itu.
Menurutnya, hadirnya OCTO Mobile sangat membantu dalam kelancaran bisnisnya. Terlebih karena mayoritas koleganya juga nasabah CIMB Niaga. "Untuk mempermudah transaksi ya. Karena mitra-mitra usaha saya juga pakai bank yang sama," katanya.
Menariknya, transaksi menggunakan QRIS CIMB Niaga juga dapat dilakukan di luar negeri, sehingga memberikan fleksibilitas lebih bagi nasabah yang bepergian ke Malaysia, Thailand, dan Singapura.
Branch Area Head Jabar Area I PT Bank CIMB Niaga Tbk, Ferry Koswara mengatakan, CIMB Niaga mengembangkan layanan yang aman, mudah serta user friendly untuk semua kalangan. Hal ini bagian dari wujud nyata perseroan dalam menghadirkan layanan keuangan yang inklusif.
"Kami memahami bahwa segmen muda membutuhkan platform yang bukan hanya praktis, tapi juga relevan dengan gaya hidup. OCTO Mobile dirancang dengan fitur lengkap, mulai dari transaksi sehari-hari, QRIS, top up, transfer instan, pembelian tiket transport, investasi mulai Rp10 ribu, hingga personal financial management tools yang fun," ujar Ferry, Rabu (20/8/2025).
OCTO Mobile dilengkapi tampilan modern, login biometrik, serta promo-promo yang lekat dengan lifestyle seperti makanan, hiburan, travelling. Selain itu, OCTO Mobile menjadi pintu masuk bagi CIMB Niaga untuk menjangkau segmen anak muda.
Di lain sisi, lanjut Ferry, CIMB Niaga juga menyediakan solusi digital yang inklusif bagi seluruh generasi. OCTO Mobile dilengkapi navigasi sederhana, font jelas, panduan step-by-step, login biometrik, menu bantuan melalui Ask OCTO (chatbot atau langsung ke petugas), hingga akses CIMB Niaga Call Center 14041 dengan menggunakan Jaringan Voice Over Internet Protocol tanpa pulsa.
Sumber: