Maju dari Gerindra atau Partai Lain? Affiati: Saya Istikhoroh Dulu

Maju dari Gerindra atau Partai Lain? Affiati: Saya Istikhoroh Dulu

FRAKSI. Anggota Fraksi Gerindra, Affiati duduk bersama jajaran anggota Fraksi Gerindra yang lain saat agenda paripurna DPRD, kemarin.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Affiati SPd sudah mengakhiri tugasnya sebagai ketua DPRD. Penggantinya, Ruri Tri Lesmana sudah diambil sumpah pada rapat Paripurna DPRD Senin tanggal 1 Agustus 2022 lalu. Saat ini, posisi Affiati di AKD mengisi posisi yang ditinggalkan Ruri, sebagai anggota Komisi I Bidang Pemerintahan.

"Alhamdulillah tugas saya sebagai ketua DPRD sudah selesai," ucap Affiati kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Saat ini, ia pun sudah mulai terlihat nyaman menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD. Dia mangaku, setelah amanahnya sebagai ketua DPRD berakhir, ia bisa fokus untuk berkomunikasi dengan para konstituennya.

"Saya mulai mengikuti agenda kegiatan di Komisi I. Saya akan berjuang sebagai anggota DPRD, untuk konstituen yang saya wakili," ujarnya.

Ditanya mengenai masa depan karir politiknya, dijelaskan Affiati, proses panjang pergantian posisi ketua DPRD kemarin, baginya memberikan pembelajaran yang sangat besar, tentang bagaimana dunia politik sebenarnya. Maka dari itu, ke depan dirinya harus lebih dewasa dalam berjuang untuk masyarakat melalui jalur politik.

Mengenai komunikasinya dengan struktural Partai Gerindra, termasuk dengan para anggota di internal Fraksi Gerindra, ia pun mengatakan semua baik-baik saja, dan akan mengikuti aturan main yang ada.

"Ini tentu menjadi pembelajaran bagi saya di masa depan. Kalau komunikasi dengan anggota fraksi lain, biasa saja dan saya harus membiasakan diri," jelas Affiati.

Salah satu hal yang akan ia lakukan ke depan, ditambahkan Affiati, setelah lengser dari kursi ketua DPRD, ia juga akan mulai fokus mempersiapkan diri menjelang Pemilu 2024. Bermodal 4.311 perolehan suara di Pemilu 2019, yang sementara ini memegang rekor perolehan suara terbanyak di Kota Cirebon untuk nama Affiati.

Sedangkan untuk kendaraan, saat ditanya apakah masih akan bersama Gerindra, ia pun tak menampik, juga tak membenarkan. Hanya meminta untuk menunggu waktu dan melihat perkembangan.

"Untuk persiapan 2024, dari partai yang sama atau tidak, itu nanti ya. Saya harus istikhoroh dulu. Tapi setidaknya, partai harus melihat kerja-kerja kadernya. Saya akan fokus meningkatkan 4.311 suara saya di 2024 nanti," tandasnya.

Terpisah, Plt Sekretaris DPRD Kota Cirebon, Sutisna mengatakan, dampak pergantian ketua DPRD, terhadap posisi di bawahnya sudah disesuaikan. Keanggotaan Ruri di Komisi I sudah dicabut, dan sudah secara otomatis digantikan Affiati, yang sudah diumumkan di paripurna.

"Intinya, di kelembagaan kita (DPRD. red), semua keanggotaan pak Ruri di alat kelengkapan yang bersifat tetap, hanya satu, di Komisi I, sudah ditukar. Kemudian, keanggotaan pak Ruri di alat kelengkapan yang bersifat tidak tetap, di pansus-pansus. Itu otomatis kita cabut. Apakah Affiati masuk ke situ, itu kewenangan fraksi. Jadi setelah pergantian, kinerja DPRD sudah langsung normal kembali seperti biasa. Ketua DPRD mulai menjalankan tugasnya, begitupun yang lain," ungkap Sutisna. (sep)

Sumber: