Atasi Banjir, Komisi III Datangi Kementerian

Atasi Banjir, Komisi III Datangi Kementerian

WAKIL Ketua DPRD Kab Cirebon, Teguh Rusiana Merdeka saat memimpin pertemuan rombongan Komisi III dengan pihak Dirjen SDA Kementerian PUPR. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID – Banjir di Kabupaten Cirebon harus menjadi perhatian. Bukan hanya dari Pemda saja. Tapi, juga dari pemerintah pusat (PP). Karena, ada kewenangan PP. Terlebih BBWS yang memiliki kewenangan khusus terkait persoalan sungai.  

Belum lama ini rombongan Komisi III mendatangi Dirjen SDA Kementerian PUPR terkait bantuan penanganan banjir di Kabupaten Cirebon. Rombongan pun dipimpin langsung Koordinator Komisi III, Teguh Rusiana Merdeka SH. 

Teguh menjelaskan, Kabupaten Cirebon membutuhkan perhatian lebih. Karena banjir kerap terjadi hampir disetiap musim hujan. Artinya, lanjut pria yang sekaligus merupakan Wakil Ketua DPRD itu, perlu penanganan serius. Hasil penjaringan aspirasi setiap kali wakil rakyat menggelar reses, diketahui hampir semua sungai di Kabupaten Cirebon mengalami permalahan. Wajar saja, ketika titik banjir terjadi dimana-mana.

"Maka dari itu, wilayah kami yang dilalui sungai Cisanggarung, DAS Ciberes, Cijangkelok kemudian Ciwaringin, Winong perlu dinormalisasi. Mohon kiranya untuk diperhatikan lebih," kata Teguh. 

BACA JUGA:Belanja Hibah-Barjas Naik Signifikan

Sementara itu, Ketua Komisi III, Anton Maulana ST MM menjelaskan di Kabupaten Cirebon terdapat 4 daerah irigasi. Diantaranya Rentang, Ciwaringin, Seuseupan dan Cikesik. Ada program perbaikan daerah irigasi Cikeusik yang bersumber dari program strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) dari anggaran APBN.

Selain itu, sungai Ciwaringin dan Ciberes mengalami pendangkalan dan longsor yang mengakibatkan banjir "Sehingga dapat disimpulkan hampir semua sungai di kabupaten Cirebon mengalami permasalahan," katanya.

Namun, kata dia, akhirnya komisi III mendapatkan informasi, bahwa di Ciwaringin ada kegiatan dari dana pusat. Kemudian di tahun 2023 ada kegiatan di Sungai Cijangkelok. Serta ada beberapa kegiatan sub projects yang dilakukan pemerintah pusat di Sungai Cisanggarung dan Sungai Cijangkelok. 

BACA JUGA:Warga Kanci Minta Keringanan Biaya Sewa

"Diharapkan, setelah semua terealisasi dapat menyelesaikan persoalan banjir yang selama ini kerap terjadi disaat musim hujan," pungkasnya.

Sumber: