Kunci Hidupnya BIJB, Pembukaan Tol Cisumdawu

Kunci Hidupnya BIJB, Pembukaan Tol Cisumdawu

BIJB Kertajati Majalengka--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten Majalengka mendukung langkah pemerintah pusat untuk menghidupkan kembali Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, untuk penerbangan umrah pada November 2022 mendatang. 

Bupati Majalengka Karna Sobahi menyambut baik rencana tersebut. Namun Pemkab Majalengka tetap menantikan dibuka dan diresmikannya jalur Tol Cisumdawu. Mengingat, kunci untuk kelancaran akses penerbangan ada di jalur tol yang tembus langsung ke area BIJB Kertajati. 

‎"Tentu kita menyambut baik ya. Sudah ada Pak Menhub yang bersuara, juga didukung Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan diperkuat pak Gubernur Jawa Barat. Soal BIJB Kertajati ini yang akan kembali dihidupkan. Kami di Pemkab Majalengka sangat menyambut baik," ungkapnya, Jumat (30/9). 

‎Bupati Karna menambahkan, selama pandemi Covid-19 ini, pihaknya merasa prihatin dengan perkembangan BIJB Kertajati yang masih sepi. Bukan hanya itu, karena memang situasi pandemi mengharuskan semua kalangan masyarakat untuk membatasi kegiatan. 

"Kita prihatin, namun karena pandemi apa boleh buat. Sekarang muncul kembali kebijakan, instruksi dari pemerintah pusat. Tentunya ini harus disambut baik, juga merupakan kabar baik bagi masyarakat Majalengka," ujarnya.

Bupati menambahkan, pihaknya masih tetap berharap jalur atau akses tol Cisumdawu yang langsung menuju area BIJB Kertajati ini segera dibuka. ‎Akses tol tersebut menjadi kunci utama akselerasi perkembangan dan keramaian di bandara di wilayah Kabupaten Majalengka ini. 

"Kata kuncinya tol Cisumdawu harus dibuka dulu, karena tudak mungkin juga kan orang Bandung misalnya mau ke bandara muter-muter dulu ke Cileunyi. Kalau akses tol Cisumdawunya sudah lancar, maka tinggal menunggu keramaian dan pertumbuhan ekonomi yang maju," tandasnya. 

Bupati berharap masyarakat Kabupaten Majalengka juga ikut memanfaatkan peluang ramainya BIJB Kertajati. Rencana penerbangan umrah yang akan dilakukan pada November mendatang tentu akan berimbas pada semua faktor ekonomi. 

‎"Ada langkah untuk umrah dan haji, tahun depan tentu saja akan lebih ramai dan sirkulasi ekonomi serta perputarannya akan pesat," jelasnya. (hsn)

Sumber: