Gerindra Gencar Rekrut Kader Perempuan, Siap Penuhi 30 Persen Caleg Perempuan

Gerindra Gencar Rekrut Kader Perempuan, Siap Penuhi 30 Persen Caleg Perempuan

PIRA. Para kader PIRA Gerindra Kota Cirebon merayakan HUT ke-14 organisasinya dengan senam sehat, Minggu (23/10). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Perempuan Indonesia Raya (PIRA) sebagai salah satu sayap Partai Gerindra di Kota Cirebon, memastikan keterpenuhan ketentuan 30 persen keterwakilan perempuan dalam proses pencalegan pada Pemilu 2024 mendatang.

Penegasan itu disampaikan Ketua Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Kota Cirebon, Maria Apriliaswati saat diwawancarai Rakyat Cirebon pada agenda Senam Sehat Bugar bersama PIRA dalam rangka HUT ke-14, Minggu (23/10).

"Untuk menambah kekuatan, kita kader PIRA siap memenuhi 30 persen kader perempuan di pemilu legislatif. Hampir semua kader PIRA akan maju. Mereka sudah tersebar di lima kecamatan, pembagiannya akan diupayakan," ungkap Maria.

Selain memastikan keterpenuhan 30 persen keterwakilan perempuan, lanjut Maria, PIRA juga akan bergerak aktif dan masif dalam hal perekrutan. Rekruitmen kader yang dilakukan PIRA menyasar kalangan perempuan di semua usia.

"Di luar itu, kita akan gencarkan perekrutan kader perempuan, dari segi umur tidak terbatas. Meskipun sekarang didominasi emak-emak," lanjutnya.

Di usianya yang saat ini sudah 14 tahun, dan melalui berbagai kemeriahan dalam peringatan HUT-nya, Maria berharap, sebagai salah satu sayap Partai Gerindra, ke depan PIRA semakin dikenal. Sehingga bisa menjadi sayap yang membesarkan partai.

Terlebih di Kota Cirebon, Partai Gerindra merupakan parpol pemenang pemilu di tahun 2019, sehingga di tahun 2024, mereka memiliki tugas berat untuk mempertahankan kemenangan di pemilu.

"Harapan kami, PIRA lebih dikenal masyarakat. Ke depan, intinya merekrut banyak kader yang menjadi pemilih Prabowo untuk RI 1 dan memenangkan Gerindra. Selain jadi sayap pemenangan, PIRA juga jadi sayap rekrutmen kader," ucap dia.

Sebagaimana diketahui, PIRA dibentuk tanggal 9 Oktober 14 tahun silam, dan di Kota Cirebon, rangkaiannya masih akan diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah melaksanakan program revolusi putih Gerindra dengan membagikan susu dan vitamin ke lembaga PAUD di lima kecamatan di Kota Cirebon.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, H Eman Sulaeman menuturkan, saat ini, pihaknya masih mempersiapkan diri untuk membuka rekrutmen bakal calon legislatif.

"Kita sudah persiapan untuk itu, Bapilu kita sudah mulai bekerja," ungkap H Eman.

Untuk memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan pada proses pencalegan nanti, Perempuan Indonesia Raya (PIRA) yang menjadi salah satu sayap partai yang diandalkan untuk bisa memastikan keterpenuhannya.

"Untuk memenuhi 30 persen, kita ada PIRA. Tapi nanti tetap akan diseleksi. Sekitar awal bulan November kita akan mulai rekruitmen," imbuh dia.

Sebagaimana diketahui, selain kekuatan struktural partai, kekuatan Gerindra di Kota Cirebon juga disokong oleh sayap-sayap partai yang ada.

Di Kota Cirebon, ada enam sayap partai yang siap menambah daya gedor partai, yakni Perempuan Indonesia Raya (PIRA), Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria), Pejuang Purnawirawan Indonesia Raya (PPIR), Tunas Indonesia Raya (Tidar), Gerakan Kristen Indonesia Raya (Gekira) serta Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera).

"Sayap Partai Gerindra di Kota Cirebon, PIRA, PC Satria, PPIR. Tiga lagi, TIDAR, GEKIRA dan PAPERA sedang kita bentuk," imbuh dia. (sep)

Sumber: