Komisi III Soroti Peristiwa Kecelakaan Kerja di Pelabuhan

Komisi III Soroti Peristiwa Kecelakaan Kerja di Pelabuhan

Anggota Komisi III DRPD Kota Cirebon, M Fahrozi--

LEMAHWUNGKUK - Beberapa hari lalu, tepatnya Selasa (01/11), ditemukan sesosok jenazah di lingkungan Pelabuhan Cirebon, dan ternyata, merupakan seorang pekerja di PT Gamatara Trans Ocean Shipyard (GTOS).
Dari informasi yang berhasil dihimpun Rakyat Cirebon, korban dalam kejadian tersebut merupakan pekerja PT GTOS di bagian pengelasan, dimana korban tewas akibat terbakar saat melakukan pengelasan di dalam palka Kapal Tongkang Star Aliance 02, di Kolam B Dock PT Gamatara Trans Ocean Shipyard, Kawasan Pelabuhan Cirebon.
Korban tewas belakangan diketahui berinisial AG, yang merupakan warga asal Kampung Cikutra, Desa Cilegongilir, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.
Komisi III DPRD Kota Cirebon, sebagai alat kelengkapan dewan yang membidangi persoalan ketenagakerjaan ikut memperhatikan kejadian tersebut.
Anggota Komisi III DPRD Kota Cirebon, M Fahrozi juga mengatakan bahwa DPRD, khususnya Komisi III yang membidangi ketenagakerjaan saat ini sudah mendengar informasi terkait kejadian tersebut, dan saat ini masih wait and see melihat perkembangan yang terjadi.
Bahkan, jika informasi yang dikumpulkan Komisi III sudah cukup, dan ada keterkaitan dengan persoalan kelalalain dari sisi keamanan kerja pada sektor ketenagakerjaan, kata Fahrozi, Komisi III akan mengundang seluruh stake holder terkait untuk dimintai klarifikasi.
"Kita masih lihat, informasinya kita sudah dengar," ungkap M Fahrozi.
Sementara ini, lanjut Fahrozi, pihaknya akan mengikuti perkembangan, apakah persoalan tersebut bisa diselesaikan oleh perusahaan sesuai dengan ketentuan yang ada, terkait dengan jaminan kecelakaan kerja atau tidak.
"Tapi kalau ada persoalan yang tidak selesai, maka akan kita undang semua pihak terkait," kata Fahrozi. (sep)

Sumber: