DPRD Apresiasi Festival Milm Kampung yang Digagas Pemkot

DPRD Apresiasi Festival Milm Kampung yang Digagas Pemkot

Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani saat menghadiri sosialisai Festival Milm Kampung yang digagas Pemkot--

KEJAKSAN - Kota Cirebon memiliki lebih dari 200 Rukun Warga (RW), yang tersebar di 22 Kelurahan yang ada, dan setiap RW-nya, memiliki karakteristik khas dan keunggulan berbeda-beda yang perlu dipublikasikan agar bisa dikenal oleh dunia luar.

Salahsatu cara untuk memperkenalkan ke-khasan dari setiap RW di Kota Cirebon, bisa dipotret dalam bentuk film dokumenter. Selain untuk memperkenalkan karakteristik RW-RW di Kota Cirebon, karya filmnya akan menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus berkarya dan menggali potensi di wilayahnya.

Demikian dikatakan Walikota Cirebon, Nashrudin Azis saat membuka sosialisasi Festival Milm Kampung dengan tema “Kampunge Isun Kih” belum lama ini.

“Festival Milm Kampung menjadi tantangan bagi para ketua RW agar bisa menggerakkan generasi muda untuk membuat karya film dengan latar belakang kampung sendiri,” ungkap Azis.

BACA JUGA:DPRD Apresiasi PKK Kelurahan Larangan yang Wakili Kota Cirebon di Tingkat Provinsi

Karya film yang diangkat, lanjut Azis, bisa berasal dari sejarah kampung, seni budaya dan keunikan kampung. Jika potensi ini bisa digali dengan maksimal, Azis yakin Kota Cirebon akan mampu bersaing dengan kota-kota besar di Indonesia.

“Kota Cirebon itu unik. Setiap kampung memiliki sejarah tersendiri. Kota Cirebon selain terkenal sebagai kota wali, juga kota perdagangan dan jasa. Jadi masih banyak potensi yang belum tergali maksimal,” jelas Azis.

Oleh sebab itu, Azis mengimbau seluruh RW di Kota Cirebon ikut dalam Festival Milm Kampung tahun 2022. Proses pengambilan gambar sampai editing akan dibantu oleh panitia.

“Seluruh RW harus ikut kegiatan ini. Bukan untuk menjadi juara, namun untuk belajar menjadi sineas pemula,” kata Azis.

BACA JUGA:Jika Anies Didukung oleh HRS, Ini Peta Politik Pilpres 2024

Sementara itu, mewakili lembaga DPRD, Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani mengapresiasi gerakan Pemkot Cirebon, yang membuat inovasi baru untuk memperkenalkan potensi RW melalui bentuk film.

“DPRD sangat mengapresiasi inovasi Pemkot ini, tentu kami sangat mendukung festival milm kampung ini,” kata Dani. (sep)

Sumber: