Aspirasi Warga Masih Dikisaran Jalan Rusak dan PJU

Aspirasi Warga Masih Dikisaran Jalan Rusak dan PJU

Reses, Cakra menyerap banyak aspirasi terkait persolaan PJU dan infrastruktur jalan. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Keluhan warga masih sama. Hampir disetiap daerah pemilihan (Dapil) anggota DPRD Kabupaten Cirebon. Yakni terkait jalan rusak, jembatan, irigasi pertanian dan lampu penerang jalan atau PJU. 

"Aspirasi yang masuk saat menggelar reses, mayoritas mereka masih mengeluhkan soal infrastruktur yang perlu diperbaiki hingga soal PJU juga banyak yang mengeluh. Karena jalanan banyak yang belum terpasang PJU," kata Cakra, kemarin.

Ia menjelaskan, saat reses di Desa Sindangkasih, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, konstituennya banyak yang mengeluhkan soal distribusi air untuk  pertanian, kemudian masalah infrastruktur, embung dan perbaikan saluran dalam mewujudkan ketahanan pangan yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

"Kemudian masih minimnya PJU dan rambu lalin, serta zona selamat sekolah (ZoSS) yang harusnya disediakan di depan SMA, SD, dan SMP yang ada di wilayah Beber, khususnya untuk jalan Kuningan-Cirebon yang mengakibatkan banyak kecelakaan," kata Cakra.

BACA JUGA:DPRD Ekspose Capaian Kinerja 2022

Politisi Partai Gerindra ini melanjutkan, di wilayah Kecamatan Beber juga perlu adanya evaluasi kaitan perizinan hiburan di sekitaran Gronggong. Karena, kata dia, berdasarkan hasil reses yang disampaikan pihak Polsek setempat sering terjadi keributan akibat adanya hiburan di lokasi tersebut.

"Kemudian ada juga aspirasi lainnya agar pemda menyediakan mobil atau bentor untuk angkut sampah dan mesin pemilah sampah," ungkapnya.

Adapun aspirasi masyarakat di Desa Penpen, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, masyarakat meminta agar Pemda membuat atau membangun tempat pembuangan sementara (TPS) sampah dalam menanggulangi masalah sampah. Kemudian meminta agar disediakan mobil atau bentor untuk mengangkut sampah.

Selain itu, perbaikan saluran, pembuatan jalan usaha tani (JUT) dan pengelolaan Setu Patok dalam distribusi air untuk para petani di desa setempat. Perbaikan fasilitas lapangan sepakbola Desa Penpen, serta  pemberdayaan kepemudaan pun tak luput dari aspirasi warga setempat.

BACA JUGA:DPRD Gelar RDP Dengan Pemkot dan Forkopimda

"Masyarakat yang tergabung dalam PKK juga meminta agar ada pelatihan atau pembinaan UMKM dan meningkatkan ekonomi, khususnya usaha-usaha kreatif di Desa Penpen," kata Cakra.

Selanjutnya, aspirasi masyarakat di Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon dalam reses yang dilakukannya, kata Cakra, mereka meminta agar di Desa setempat dibangun jembatan penyebrangan dan dilakukan peningkatan jalan yang menghubungkan wilayah Mertapada-Japura.

"Masyarakat Buntet meminta dibangun jembatan penyebrangan di Dusun 1 menuju Blok Serongan karena terhalang oleh Sungai Cikanci," kata Cakra.

Apa yang menjadi aspirasi masyarakat dalam reses yang dilakukannya itu, kata dia, tentu akan dijadikan dasar untuk diperjuangan di lembaganya supaya bisa direalisasikan oleh Pemda Kabupaten Cirebon.

Sumber: