Tidak Hanya Fisik, Pengelola Barang Sitaan Negara juga Perlu Kuat Mental

Tidak Hanya Fisik, Pengelola Barang Sitaan Negara juga Perlu Kuat Mental

Para pegawai di Rupbasan Kelas I Cirebon, mengikuti sesi Reborn Ruqyah yang menjadi salahsatu inovasi dalam mewujudkan Zona Integrasi (ZI).FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Cirebon punya cara tersendiri untuk meningkatkan kinerjanya, dimana salahsatunya, dilakukan melalui upaya-upaya peningkatan kualitas spiritual para pegawainya.

Untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan para pegawainya tersebut, Rupbasan Kelas I Cirebon menyelenggarakan Reborn Ruqyah, dimana ini merupakan sebuah inovasi yang dilakukan dalam rangka untuk membangun zona integritas di lingkungan kerjanya.

Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar N Assyifa menyampaikan, setiap kinerja pasti memiliki target yang harus dicapai, dan dalam pencapaian tersebut, diperlukan keseimbangan antara kinerja fisik, dan kinerja spiritual.

"Reborn Ruqyah, atau akronim dari Rajin Ikhtiar dan Beribadah ini salah satu inovasi kami berbasis non IT, bidang manajemen perubahan dalam rangka pembangunan zona integritas," ungkap Fajar.

Kegiatan yang dibangun dengan sesi Reborn Ruqyah ini, lanjut Fajar, dimaksudkan, untuk melatih sisi spiritual pegawai, untuk menyeimbangkan antara hati dan pikiran supaya bisa memberikan ketenangan saat menjalankan tugas sebagai abdi negara, sehingga akan berdampak pada kinerja yang lebih maksinal.

"Tujuannya, penyeimbang dimana kita sebagai mahkluk tuhan agar tidak selalu terjebak dalam hal yang bersifat duniawi, seperti pekerjaan kantor, tapi juga memikirkan sisi spiritual," jelas Fajar.

Program inovasi melalui sesi Reborn Ruqyah ini, kata dia, diisi dengan kegiatan membaca ayat suci al-Qur'an bersama-sama, yang dilanjutkan dengan tausyiah atau siraman rohani kepada seluruh pegawai Rupbasan Kelas I Cirebon.

"Kegiatan pengajian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama dalam aspek wawasan dan pengetahuan, serta aspek sikap dalam pembentukan karakter pegawai dan PPNPN Rupbasan Kelas I Cirebon," imbuh Fajar. (sep)

Sumber: