HSCC, Homeschooling Pertama di Kota Cirebon, Jadi Lembaga Pendidikan Alternatif, Usung Dua Program Study

HSCC, Homeschooling Pertama di Kota Cirebon, Jadi Lembaga Pendidikan Alternatif, Usung Dua Program Study

Homeschooling Carnation Cirebon (HSCC) menjadi Homeschooling pertama di Kota Cirebon, Sabtu (20/05) akhir pekan lalu, meluluskan 15 alumnus angkatan ke-15.--


RAKYATCIREBON.ID, CIREBON -  Mengenyam pendidikan memang tak harus di lembaga formal, bahkan tak harus selalu di kelas. Ada sistem belajar di rumah, atau akrab dan lebih dikenal dengan sistem Homeschooling.

Untuk lembaga pendidikan yang menawarkan sistem Homeschooling, meskipun merupakan lembaga PNF, Homeschooling Carnation Cirebon (HSCC) menjadi Homeschooling pertama di Kota Cirebon. Sabtu (20/05) akhir pekan lalu, HSCC meluluskan 15 alumnus angkatan ke-15.

Kepala Sekolah Homeschooling Carnation Cirebon, Radisa S Pd mengatakan bahwa Homeschooling Carnation Cirebon (HSCC) merupakan lembaga pendidikan alternatif, dan menjadi Homeschooling pertama di Kota Cirebon yang berdiri sejak 2008.

Awalnya, lembaga tersebut merupakan cabang dari Homeschooling Kak Seto, yang kemudian pada tahun 2015, membentuk badan sendiri, menjadi Homeschooling Carnation Cirebon di bawah naungan Yayasan Anyelir Daun.

Dalam pelaksanaan kegiatan pendidikannya, HSCC menerapkan dua program, yakni program komunitas learning atau Study at Class, serta Learning on Site.

Study at Class, para peserta didik mengikuti KBM di kantor secara bersama, dengan jadwal Senin sampai Kamis, mulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Setiap kelompok, hanya berisi 5 peserta didik, sehingga KBM akan lebih maksimal.

Sedangkan untuk program Learning on Site, tutor datang langsung ke rumah peserta, dengan jadwal sesuai dengan permintaan dari orang tua peserta didik, dengan ketentuan 3 sampai 4 kali pertemuan setiap minggunya.

"Untuk Learning on Site, jadwal ditentukan orang tua, 3 sampai 4 kali, jadwalnya kita sarankan antara jam 7 sampai 5 sore, maksimal 3 jam pelajaran," jelas Radisa.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan sistem Homeschooling, atau sekolah di rumah, yang mana sistem tersebut lebih ramah terhadap anak karena menggunakan pendekatan "homey class", sehingga anak akan merasa lebih nyaman saat belajar dirumah sendiri.

Di awal penerimaan, Homeschooling Carnation melakukan assesmen secara serius, untuk menentukan start awal sistem pembelajaran yang akan diberikan, sehingga setiap peserta didik, akan mendapatkan pembelajaran, sesuai dengan hasil assesment.

Sebagai salahsatu lembaga pendidikan non formal, Homeschooling Carnation Cirebon sendiri, menyelenggarakan pendidikan kesetaraan di semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Sama seperti sekolah formal di kelas, untuk paket A setara SD terdiri dari kelas I sampai dengan VI, paket B setara SMP terdiri dari kelas VII sampai dengan IX, serta paket C setara SMA terdiri dari kelas X sampai dengan Xll, dengan dua pilihan jurusan, yakni IPA dan IPS.

Gathering dan Graduation kelulusan akhir pekan lalu, adalah untuk para peserta didik yang saat ini ada di kelas 6 untuk tingkat dasar, kelas 9 untuk menengah pertama dan kelas 12 untuk tingkat menengah atas.

"Selamat kepada para peserta didik kelas 6, 9 dan 12. Alhamdulillah di tahun 2023 ini semua dinyatakan lulus," ucap Radisa.

Sumber: