5 Player e-Sports Kabupaten Cirebon Ikut Kompetisi Piala Gubernur 2023

5 Player e-Sports Kabupaten Cirebon Ikut Kompetisi Piala Gubernur 2023

Kontingen cabang olahraga e-Sports Kabupaten Cirebon dilepas untuk mengikuti kejuaraan piala Gubernur Jawa Barat 2023 di Kota Bandung. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON  - Kontingen cabang olahraga (cabor) e-Sports Kabupaten Cirebon berangkat ke Bandung untuk mengikuti kejuaraan piala Gubernur Jawa Barat 2023.

Para atlet e-Sports pun dilepas langsung oleh Ketua Komite Olehraha Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cirebon, Sutardi Raharja di gedung KONI, jalan Sultan Agung, Minggu (11/06) akhir pekan lalu.

Tim e-sports Kabupaten Cirebon akan mengikuti nomor mobile legend, pada event Piala Gubernur yang digelar mulai tanggal 12-15 Juni di eL Royale Hotel Bandung.

Plt Ketua Cabang Olahraga e-Sports Kabupaten Cirebon, Sampriatna menyampaikan bahwa pada event Piala Gubernur 2023 ini, Kabupaten Cirebon mengirimkan lima atlet pro player terbaiknya untuk ikut di salahsatu nomor e-Sport yang di pertandingkan.

"Di Bandung ini, kami hanya mengikuti satu nomer yakni mobile legends. Yang kami kirimkan ini adalah atlet yang sudah sering mewakili di turnamen tingkat Asean, ya walaupun belum juara, saya pikir sih untuk tingkat piala Gubernur Jawa Barat, ini kita bisa bawa emas untuk Kabupaten Cirebon," ungkap Sampriatna.

Lima atlet e-Sports yang diberangkatkan ke Bandung, lanjut Sampriatna, akan berhadapan dengan para pro player dari daerah lain, yang juga sudah memiliki nama di tingkat nasional.

Disebutkan Sampriatna, ada beberapa daerah, yang atletnya perlu di waspadai, karena memang memiliki materi atlet yang juga mumpuni.

"Tim yang kuat dan kami anggap berat yakni dari Kabupaten Bogor, Bekasi, dan Karawang. Karena mereka memilik atlet-atlet e-Sports sudah tingkat nasional. Meski demikian kita tidak gentar dan optimis masuk final," jelas Sampriatna.

Diakui Sampriatna, e-Sport di Kabupaten Cirebon yang notabene masih baru, memang memiliki jumlah atlet yang masih minim, sehingga kedepan perlu didorong untuk dilakukan panjaringan atlet yang lebih masif.

"Di Kabupaten Cirebon masih minim atlet e-Sports. Untuk menjaring atlet baru, kita harus lebih sering ngadain turnamen atau eksibisi e-Sports di Kabupaten Cirebon," kata Sampriatna.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Cirebon, Sutardi Raharja menambahkan, meskipun di Kabupaten Cirebon, e-Sport ini terbilang cabang olahraga yang baru, namun melihat potensi dam materi atlet yang mumpuni, KONI yakin lima atlet yang dikirim bisa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Cirebon.

"Ini sejarah bagi Kabupaten Cirebon, meski e-Sports baru berdiri, tapi sudah ada kegiatan kejuaraan di Jawa Barat. Mudah-mudahan atlet e-Sports kita ini bisa membawa nama baik daerah di kejuaraan piala gubernur di Bandung," ungkap Sutardi.

Ditambahkan Sutardi, sebagai cabang olahraga baru, KONI tentu akan memberikan treatmen khusus agar cabang olahraga ini berkembang, terlebih bidang e-Sport ini memang digadang-gadang menjadi cabang olahraga yang sangat berpotensi memunculkan prestasi besar.

"Insya Allah nanti cabor e-Sports ini, akan kita bina semaksimal mungkin, karena e-Sports ini ternyata luar biasa, eventnya sampai tingkat Asia dan Internasional. Kita juga nanti akan lebih sering mengadakan event e-Sports di Kabupaten Cirebon untuk menjaring atlet baru e-Sports," kata Sutardi. (sep)

Sumber: